MAN Insan Cendekia Serpong

Home » Jurnal Ilmiah Cendekia 1

Jurnal Ilmiah Cendekia 1

Pengantar untuk Jurnal Cendekia 1

Alhamdulillah pada akhir tahun 2014, MAN Insan Cendekia Serpong dapat menerbitkan Jurnal Ilmiah. Jurnal tersebut bernama “Jurnal Ilmiah Cendekia; Jurnal Pendidikan, Humaniora dan Sains” dengan nomor ISSN 2407-6589. Jurnal Cendekia ini direncanakan terbit tiga kali dalam setiap tahunnya. Dalam Edisi Pertama, Jurnal tersebut menghimpun karya tulis dari Guru-guru MAN Insan Cendekia Serpong.

Tulisan pertama yang dihadirkan adalah kajian tokoh pendidikan Indonesia yaitu Abdullah Ahmad dengan Adabiyah School-nya di Sumatera Barat. Kajian pemikiran pendidikan lainnya adalah tentang pentingnya literasi informasi pada abad ke-21, signifikansi Pendidikan Islam, pemikiran pendidikan Tan Malaka dan aplikasi konsep Howard Gardner dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kajian berikutnya mengupas tentang Al-Qur’an dari sisi yang berbeda. Ada tiga tulisan yang mengkaji tentang Al-Qur’an pada Edisi Pertama ini.

Tidak kalah menarik, Edisi Pertama ini juga menghadirkan tujuh karya tulis yang mengkaji tentang pembelajaran di antaranya dalam pembelajaran Fiqih, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Biologi dan PPKn. Karya tulis lainnya adalah hasil penelitian tentang pengaruh penambahan Sargassum sp dalam pakan terhadap pertumbuhan ikan mas. Edisi Pertama ini ditutup dengan tulisan tentang profil MAN Insan Cendekia Serpong.

‘Ala kulli haal, penerbitan jurnal ilmiah ini merupakan salah satu upaya untuk tetap menjaga kompetensi profesional para pendidikan di lingkungan MAN Insan Cendekia khususnya. Ke depan, Madrasah berharap dapat menerbitkan karya tulis dari Guru-guru Madrasah lainnya.

Salam edukasi. (iede)

Daftar Isi JIC 1