MAN Insan Cendekia Serpong

Home » Jurnal Ilmiah Cendekia 2

Jurnal Ilmiah Cendekia 2

Pengantar untuk Jurnal Cendekia 2

Alhamdulillah kami panjatkan atas segala karunia nikmat. Kami meras patut bersyukur atas respon positif terhadap terbitnya Jurnal Ilmiah Cendekia. Sebagai indikator adanya respon positif tersebut  adalah banyaknya mengalir ucapan selamat dan masukan-masukan positif baik tentang tampilan, teknis dan konten Jurnal. Lebih dari sekedar itu, adanya pihak lain baik Guru dari luar Madrasah ataupun pihak lainnya yang memiliki ketertarikan mengirimkan tulisannya untuk diterbitkan pada Edisi berikutnya. Ini merupakan respon positif yang sangat kami hargai.

Tulisan pertama pada Edisi Kedua ini adalah kajian tentang pembelajaran interaktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Microsoft Mouse Mischief. Ada lima karya tulis lainnya yang mengkaji tentang pembelajaran di antaranya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Pendidikan Olahraga. Kajian penting lainnya adalah tentang pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah, kajian tentang Kurikulum 2013, indahnya bahasa Al-Qur’an, pentingnya nilai IMTAK pada pelajaran Fisika dan kajian tentang efektivitas supervisi klinis pengawas.

Selain kajian pendidikan, hadir pula kajian lainnya yaitu kajian sejarah yang mengangkat peranan R.A. Kartini dan kajian pemikiran tentang tantangan pemikiran Islam kontemporer. Sedangkan kajian sains pada Edisi Kedua ini terbit dua karya tulis dengan judul “Algoritma Markov Clustering untuk Pengelompokan Protein” dan “Offline Signature Recognition Using Machien Learning”. Karya tulis terakhir ditulis oleh alumnus International Burch University, Bosnia Herzegovina.

Salam edukasi. (iede)

Daftar Isi JIC 2