MAN Insan Cendekia Serpong

Home » Jurnal Ilmiah Cendekia 3

Jurnal Ilmiah Cendekia 3

Pengantar untuk Jurnal Cendekia 3

Edisi Ketiga terbit sebagai penutup dari Volume 1 Jurnal Ilmiah Cendekia. Alhamdulillah. Perjalanan satu tahun ini semoga memberikan nilai tambah bagi para pembaca dan pemerhati pendidikan khususnya guru-guru di lingkungan Madrasah.

Kajian tentang Model Pembelajaran dalam pembelajaran Biologi, membuka rangkaian karya tulis pada Jurnal Edisi Ketiga ini. Selain dalam pembelajaran Biologi, terbit pula karya tulis tentang pembelajaran dalam beberapa pelajaran lainnya di antaranya dalam pembelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Dua karya tulis yang mengkaji tentang pendidikan lainnya hadir dengan judul “Focusing on Curriculum” dan “Term ‘Ilm dan Relevansinya dengan Pendidikan”.

Edisi Ketiga ini menghadirkan tulisan menarik tentang ushul fiqih dan taswawuf. “Urgensi Ushul Fiqih serta Tujuan dan Manfaat Mempelajarinya” merupakan judul tulisan tentang ushul fiqih. Sementara itu, ada dua karya tulis yang membahas tentang tasawuf dengan kajian dan pendekatan yang berbeda. Tulisan pertama mengkaji tentang Kashf dan tulisan kedua mengkaji tentang neo-sufisme di Banten. Sementara kajian sejarah mengangkat peranan H. Agus Salim dengan Sarekat Islamnya.

Tiga kajian tentang sains mewarnai sekaligus menutup rangkaian karya tulis pada Edisi Ketiga ini. Ketiga tulisan tersebut adalah kajian tentang Biologi, kajian tentang Matematika terapan dan kajian tentang Sistem Tekhnologi Informasi.

Salam edukasi. (iede)

Daftar Isi JIC 3