MAN Insan Cendekia Serpong Peringkat 2 Nasional UTBK

MAN Insan Cendekia Serpong Peringkat 2 Nasional UTBK

Sabtu, 16 Jan 2021 4863 view

JAKARTA – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbud telah mengumumkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada 28 November 2020. Madasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong sebagai peringkat kedua terbaik nasional.

Hal ini disampaikan oleh Kepala MAN IC Serpong Naim. Menurutnya, ada 10 SLTA Terbaik di Indonesia yang diumumkan berdasarkan Nilai Rerata TPS UTBK 2020 versi LTMPT. “Alhamdulillah MAN Insan Cendekia Serpong menjadi SLTA (SMA/MA/ SMK) Peringkat 2 Terbaik Nasional,” terang Naim dalam keterangan pers, Senin (30/11).

MAN IC Serpong, lanjut Naim, bahkan menempati peringkat pertama untuk rerata Nilai Sub Tes Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Sedang untuk Rerata Nilai Sub Tes Kemampuan Kuantitatif, siswa MAN IC Serpong berada di urutan 8 secara nasional.

“Untuk Rerata Nilai Sub Tes Pengetahuan Pemahaman Umum dan Rerata Nilai Sub Tes Kemampuan Penalaran Umum, dua-duanya kita berada di peringkat ke-3,” jelas Naim.

Naim menambahkan, selama 2020, berbagai prestasi telah diraih siswa MAN Insan Cendekia Serpong pada tingkat nasional. Prestasi tersebut antara lain diraih pada ajang KSN (Kompetisi Sains Nasional) dan KSMO (Kompetisi Sains Madrasah Online) Tingkat Nasional.

Berikut prestasi nasional MAN Insan Cendekia Serpong tahun 2020:

1. Muhammad Enrizky Brillian Suharno, Bidang Matematika Terintegrasi KSMO (Juara 1)
2. Maritza Gantari Makhrus, Bidang Kimia Terintegrasi KSMO (Juara 2)
3. Hafizh Renanto Ahmad, Bidang Astronomi KSN (Medali Perak)
4. Hafizh Renanto Ahmad, Bidang Astronomi KSN (The Best Theory)
5. Hanif Muhammad Zhafran, Bidang Kimia KSN (Medali Perak)
6. Muhammad Enrizky Brillian Suharno, Bidang Matematika KSN (Medali Perunggu)

Naim menambahkan, capaian prestasi tertinggi dari siswa MAN IC Serpong adalah membawa nama Madrasah untuk mewakili Indonesia pada tingkat dunia dalam kompetisi/ lomba Sains Internasional. Pada 2020, ada dua siswa MAN IC Serpong yang berhasil meraih prestasi tertinggi di bidangnya, yaitu:

Pertama, Farrel Alfaza Marsetyo. Dia meraih medali perak pada International Biology Olympiad (IBO) Challenge 2020. Kedua, Muhammad Abdillah Roikhan. Dia meraih medali perak pada Asia International Mathematical Olympiad 2020 dan medali perak pada International Kangaroo Mathematics Contest 2020.

“Kompetensi dan motivasi berprestasi yang luar biasa menjadi kunci keberhasilan siswa-siswa tersebut. Salam Prestasi,” tandasnya.

https://edukasi.sindonews.com/read/251520/212/salut-man-insan-cendekia-serpong-peringkat-2-nasional-utbk-1606749079