KURIKULUM IB SIAP DIIMPLEMENTASIKAN MAN INSAN CENDEKIA SERPONG

Serpong, 12 Juli 2025 – Sepuluh guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong baru saja merampungkan Pelatihan Akademi Guru Kader Bangsa (AGKB) yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Kader Bangsa (YPKB) dari tanggal 7 hingga 11 Juli 2025. Pelatihan intensif ini bertujuan membekali para pendidik dengan pemahaman mendalam dan keterampilan yang diperlukan untuk mengimplementasikan kurikulum International Baccalaureate (IB) di MAN Insan Cendekia Serpong.
Peningkatan kualitas guru menjadi fokus utama dalam persiapan ini. Pelatihan ini membekali para guru dengan keterampilan yang dibutuhkan, kebutuhan administrasi, dan pengenalan mendalam terhadap kurikulum IB. Pelatihan ini adalah langkah krusial menuju proses autorisasi yang dijadwalkan pada November 2025 dan Januari 2026. Selanjutnya, program magang (internship) bagi guru akan dimulai pada Agustus hingga September, diikuti dengan Training CAT 1 pada September hingga Oktober.

“Pelatihan AGKB ini adalah langkah strategis bagi kami di MAN Insan Cendekia Serpong untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan,” ujar Ibu Eneng Uswatun Hasanah, Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum. “Dengan semakin meratanya pemahaman dan kompetensi guru terkait kurikulum IB, kami berharap dapat mencetak generasi siswa yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki pola pikir global dan kemampuan berpikir kritis yang dibutuhkan di era sekarang,” tambahnya.
Senada dengan itu, Bapak Hilal Najmi, Kepala MAN Insan Cendekia Serpong, menegaskan komitmen madrasah terhadap standar pendidikan internasional. “Implementasi kurikulum IB adalah bagian dari visi kami untuk menjadikan MAN Insan Cendekia Serpong sebagai institusi pendidikan yang mampu bersaing di kancah global. Kami yakin, dengan bekal dari pelatihan AGKB ini, para guru kami akan mampu memberikan pengalaman belajar yang transformatif bagi siswa, menyiapkan mereka menjadi pemimpin masa depan yang berdaya saing tinggi dan berakhlak mulia.”

Mengenal Lebih Dekat Kurikulum International Baccalaureate (IB)
International Baccalaureate (IB) adalah sebuah yayasan pendidikan nirlaba internasional yang bertujuan mengembangkan individu muda yang bertanya, berpengetahuan, dan peduli, yang membantu menciptakan dunia yang lebih baik dan damai melalui pemahaman dan penghormatan antarbudaya. Program-program IB dirancang untuk mengembangkan siswa yang akan membuat kontribusi yang signifikan dan berarti di dunia.
Gambaran Umum Kurikulum IB
Kurikulum IB menawarkan empat program pendidikan yang koheren untuk siswa berusia 3 hingga 19 tahun:
- Primary Years Programme (PYP): Untuk siswa usia 3-12 tahun, berfokus pada pengembangan anak secara holistik sebagai penanya.
- Middle Years Programme (MYP): Untuk siswa usia 11-16 tahun, menyediakan kerangka kerja untuk tantangan akademis dan keterampilan hidup.
- Diploma Programme (DP): Untuk siswa usia 16-19 tahun, program akademis yang ketat dan seimbang, diakui secara luas oleh universitas-universitas terkemuka di seluruh dunia.
- Career-related Programme (CP): Untuk siswa usia 16-19 tahun, kerangka kerja pendidikan internasional yang terkait dengan karier.
IB menekankan pendekatan pembelajaran berbasis penyelidikan, pengembangan karakter, dan penanaman kesadaran global. Kurikulumnya dirancang untuk mendorong siswa berpikir kritis, mandiri, dan bertanggung jawab.
Prinsip atau Konsep Utama IB
Filosofi pendidikan IB didasarkan pada pengembangan Profil Pelajar IB (IB Learner Profile), yang terdiri dari sepuluh atribut yang berfokus pada pengembangan siswa secara holistik:
- Inquirers (Penanya): Mampu mengembangkan rasa ingin tahu alami mereka.
- Knowledgeable (Berpengetahuan): Mengeksplorasi konsep, gagasan, dan isu-isu yang memiliki signifikansi lokal dan global.
- Thinkers (Pemikir): Menerapkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
- Communicators (Komunikator): Mengekspresikan diri dengan percaya diri dan secara kreatif.
- Principled (Berprinsip): Bertindak dengan integritas dan kejujuran, dengan rasa keadilan dan menghormati martabat individu, kelompok, dan komunitas.
- Open-minded (Berpikiran Terbuka): Menghargai budaya dan sejarah pribadi mereka, serta nilai-nilai dan tradisi orang lain.
- Caring (Peduli): Menunjukkan empati, kasih sayang, dan rasa hormat.
- Risk-takers (Pengambil Risiko): Mendekati ketidakpastian dengan keberanian dan pemikiran matang.
- Balanced (Seimbang): Memahami pentingnya keseimbangan intelektual, fisik, dan emosional.
- Reflective (Reflektif): Mempertimbangkan dunia dan gagasan mereka sendiri serta pengalaman mereka sendiri.
Dengan pelatihan AGKB ini, MAN IC Serpong berkomitmen mempersiapkan siswanya untuk mengembangkan Profil Pelajar global, siap menghadapi tantangan dunia dengan kompetensi dan karakter yang kuat.

