Pengertian
Pembinaan kesiswaan adalah usaha, tindakan, atau kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah secara efektif dan efisien untuk mengoptimalkan potensi siswa agar tumbuh dan berkembang secara utuh dalam berbagai aspek kehidupannya, baik di sekolah maupun di luar sekolah sehingga terbentuk individu siswa yang sesuai dengan tujuan pendidikan di MAN Insan Cendekia pada khususnya, dan tujuan pendidikan nasional pada umumnya.
Sistem pembinaan kesiswaan MAN Insan Cendekia Serpong adalah model pembinaan kesiswaan yang tertata secara formal dan didesain secara kelembagaan sehingga segala bentuk kebijakan baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, maupun pengevaluasian selalu dirumuskan secara kelembagaan dan resmi di bawah pertanggungjawaban Kepala Madrasah.
Tujuan Umum
Pembinaan kesiswaan secara umum dilaksanakan dengan tujuan menunjang pencapaian tujuan pendidikan madrasah pada umumnya dan menunjang keberhasilan belajar siswa pada khususnya.
Tujuan Khusus
- Memantapkan kemampuan intelektual siswa dalam menunjang keberhasilan mengikuti program kurikulum,
- Menumbuhkembangkan sikap kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi siswa untuk membina kehidupan bersama guna meningkatkan ketahanan madrasah mencapai tujuan pendidikan,
- Menumbuhkan sikap positif pada diri siswa untuk ikut serta dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran di lingkungan pendidikan guna meningkatkan pengamalan wawasan wiyata mandala yang telah dimiliki siswa,
- Memperluas wawasan ekstrakurikuler, keilmuan pada siswa melalui kegiatan
- Meningkatkan keterampilan berbahasa siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler,
- Meningkatkan apresiasi seni dan budaya siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler,
- Meningkatkan kesegaran jasmani dan rohani siswa melalui kegatan ekstrakurikuler,
- Memperluas wawasan keagamaan, membina sikap beragama, serta meningkatkan keterampilan dakwah keagamaan melalui kegiatan ekstrakurikuler,
- Membina kehidupan siswa di lingkungan pendidikan MAN Insan Cendekia.
Sasaran dan Subjek
Sasaran dan subjek pembinaan kesiswaan adalah seluruh siswa. Semua perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembinaan kesiswaan bertolak pada bakat, minat siswa, serta sepenuhnya diarahkan untuk menunjang peningkatan kemampuan dan pencapaian tujuan belajar siswa.
Ruang Lingkup
Pembinaan kesiswaan merupakan pembinaan terpadu dengan ruang lingkup pembinaan mencakup seluruh aspek kehidupan siswa di lingkungan pendidikan. Dengan demikian, pembinaan tersebut secara khusus meliputi pembinaan siswa. Baik dalam kehidupannya di sekolah, di masjid, di asrama, maupun kehidupan siswa di luar kampus.
Sifat
Pembinaan kesiswaan bersifat terpadu, artinya pembinaan kesiswaan mencakup semua aspek kehidupan dan semua aspek kebutuhan siswa, seperti kebutuhan pengembangan bakat dan minat, aspek sosio-religius, aspek pembiayaan, aspek ketersediaan sarana dan tenaga dan juga aspek keharmonisan dalam pengaturan waktu untuk pengembangan aspek akademik.
Pendekatan
Pembinaan kesiswaan dilaksanakan dengan pendekatan dari, oleh, dan untuk siswa. Dengan demikian, seluruh tahapan dari setiap bentuk kegiatan pembinaan kesiswaan selalu melibatkan siswa secara langsung maupun tidak langsung dengan memerhatikan aspirasi positif yang dimiliki siswa serta tujuan pendidikan sekolah.
Materi
Materi pembinaan kesiswaan di MAN Insan Cendekia adalah:
- Pembinaan kemampuan dan wawasan intelektual siswa yang berkaitan dengan prestasi akademik,
- Pembinaan sikap kepemimpinan dan kemampuan berogranisasi,
- Pembinaan sikap dan kepribadian siswa,
- Pembinaan wawasan keilmuan siswa,
- Pembinaan kemampuan dan keterampilan berbahasa siswa,
- Pembinaan sikap, wawasan, dan keterampilan dalam bidang keagamaan,
- Pembinaan apresiasi seni dan budaya siswa,
- Pembinaan kesegaran jasmani dan rohani siswa,
- Pembinaan kehidupan siswa di lingkungan pendidikan MAN Insan Cendekia
Jalur-jalur Pembinaan Siswa
Jalur pembinaan kesiswaan adalah bidang pembinaan yang dijadikan sebagai media penyelenggaraan kegiatan pembinaan kesiswaan yang meliputi:
- Penegakan Disiplin
Penegakan disiplin dilaksanakan dengan prinsip bahwa siswa MAN Insan Cendekia harus bisa bersikap disiplin, baik disiplin waktu, disiplin dalam berpakaian, dalam mengerjakan tugas-tugas, dan lain sebagainya. Pembinaan kedisiplinan di MAN Insan Cendekia dilakukan oleh semua pendidik dan tenaga kependidikan dan secara khusus dibentuk oleh Tim Kedisiplinan yang bertugas mengontrol kehidupan disiplin siswa melalui razia barang-barang, mencatat pelanggaran tata tertib siswa, memberi sanksi bagi pelanggaran tata tertib dan mengadministrasikan data disiplin siswa.
- Latihan Kepemimpinan dan Berorganisasi
Pembinaan kesiswaan jalur latihan kepemimpinan dan berorganisasi adalah jalur pembinaan kesiswaan yang berusaha memberi bekal pengetahuan maupun pengalaman kepada siswa untuk memimpin dirinya, orang lain, dan lingkungannya dalam mengikuti kegiatan sekolah dan kehidupan. Pembinaan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan untuk mencapai keberhasilan pendidikan siswa di sekolah, di masjid, asrama, atau secara umum untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan MAN Insan Cendekia Serpong.
- Pembinaan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
Jalur kegiatan ekstrakurikuler adalah pembinaan peserta didik yang berusaha memberi penyaluran minat, bakat, perluasan wawasan, serta kemantapan iman dan takwa melalui bentuk-bentuk kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan di luar program kurikuler untuk menunjang pencapaian tujuan pendidikan MAN Insan Cendekia Serpong.
Jenis kegiatan ekskul di MAN Insan Cendekia adalah:
- Kebahasaan ( Muhadharah, Language Development Program (LDP))
- Keilmuan (Mekatronika dan Robotika, Karya Ilmiah Remaja)
- Jurnalistik
- Pendahuluan Bela Negara (Paskibra, Palang Merah Remaja)
- Pecinta Alam
- Seni-Budaya
- Hadrah/nasyid
- Marawis
- Paduan suara
- Teater
- Band
- Tari Saman
- Olah raga
- Sepak bola
- Bola Basket
- Tae Kwondo
- Badminton
- Tenis Meja
- Bola voli