Donor Darah

Donor Darah

Rabu, 21 Des 2022 2871 view

Oleh: Ady Afif Cahyafatih, Kelas XI IPS 1 Lascaren

Minggu, 11 Desember 2022 – Dalam rangkaian acara I-Care 2022, MAN Insan Cendekia Serpong kembali membuka kesempatan untuk melakukan donor darah. Ini merupakan salah satu rangkaian acara tahunan I-Care. I-CARE merupakan acara bakti sosial yang dilaksanakan oleh OSIS MAN Insan Cendekia Serpong yang berlokasi di kampus MAN Insan Cendekia Serpong dan wilayah yang ditentukan setiap tahunnya. I-CARE bertujuan untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa MAN Insan Cendekia Serpong terhadap sesama dan lingkungan melalui berbagai kegiatan.

Donor darah ini dibuka pada hari Minggu, 11 Desember 2022 dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB. Bertempat di Gedung Pusat Pendidikan Terpadu (PPT). Pendonor darah berasal dari guru-guru serta civitas MAN Insan Cendekia Serpong, orang tua/wali murid yang berkunjung, warga sekitar, serta siswa-siswi MAN Insan Cendekia Serpong yang sudah berumur 17 tahun keatas. Bagi para pendonor, harus memenuhi persyaratan berupa: pendonor berusia minimal 17 tahun dan membawa KTP/Kartu Pelajar, berat badan minimal 45 kg, tidur minimal 5 jam sebelum donor, pendonor berada dalam keadaan sehat walafiat, tidak mengonsumsi obat dalam 3 hari, jarak donor darah minimal 61 hari dari donor darah sebelumnya, dan makan 3 – 4 jam sebelum donor.

Program donor darah ini merupakan bentuk kerjasama antara I-Care dan UDD PMI Kota Tanggerang Selatan. Terdapat 73 calon pendonor, dimana 36 orang diantaranya bisa mendonor. Darah yang didapat sebanyak 36 kantung berukuran 350 cc. 4 golongan darah A, 12 golongan darah B, 14 golongan darah O, dan 6 golongan darah AB. Darah-darah yang sudah didonorkan nantinya akan diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan transfusi darah.