Idul Adha di MAN Insan Cendekia Serpong

Idul Adha di MAN Insan Cendekia Serpong

Sabtu, 31 Jul 2021 1909 view

Siswa Man Insan Cendekia Serpong tidak jarang memperingati Hari Raya Idul Adha di lingkungan asrama. Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk merayakan hari besar tersebut. Dimulai dari pelaksanaan salat Id, hingga penyaluran daging qurban kepada warga sekitar.

Gema takbir bergaung tidak henti sejak malam Idul Adha. Adalah siswa laki-laki yang bertugas mendengungkan takbir dan tahmid semalaman. Mereka mengumandangkan takbir di Masjid Ulil Albab bergantian dengan jadwal bergilir per kelas. OS Cendekia, di bawah komando divisi Iman dan Takwa juga bertugas menyiapkan segala keperluan pelaksanaan salat Id dan penyembelihan qurban. Lapangan upacara pada malam itu terlihat ramai, karena para siswa sedang membuat garis-garis shaf menggunakan tali agar rapat dan lurusnya shaf tetap terjaga.

Siswa yang juga merupakan anggota OS Cendekia memiliki pekerjaan tambahan, yaitu menjaga hewan-hewan qurban di lapangan sepakbola. Ditemani makanan ringan dan minuman hangat, menjadikan kegiatan menjaga hewan qurban sebagai sarana mempererat ikatan antar siswa, setidaknya itu yang dikatakan salah satu alumni.

Suasana lebaran semakin terasa di pagi hari, karena para siswa berbondong-bondong datang ke lapangan upacara tempat dilaksanakannya salat Id dengan pakaian terbaik mereka. Salah satu hal yang unik dari Idul Adha di MAN Insan Cendekia Serpong adalah masing-masing angkatan menggunakan pakaian dengan warna seragam, sehingga bila dilihat para siswa kembaran dengan teman angkatannya.

Usai melaksanakan salat Idul Adha, para siswa tentu saja mengabadikan momen lebaran dengan berfoto ria. Ditambah dress code yang seragam, membuat suasana lebaran tidak jauh berbeda dengan kampung halaman. Terlebih, menu makan pagi di kantin adalah menu khas lebaran: apalagi kalau bukan opor ayam.

Euforia Idul Adha di MAN Insan Cendekia Serpong lebih dari itu. Bila saat salat Id siswa menggunakan pakaian yang rapi dan bagus, setelahnya para siswa berganti baju mengenakan pakaian terbaik: kaos dan baju sehari-hari, untuk bergotong royong di tempat penyembelihan qurban.

Siswa, guru, hingga civitas akademika MAN Insan Cendekia Serpong bekerja sama dalam proses penyembelihan hingga pencacahan daging qurban. Siswa laki-laki biasanya bertugas di tempat penjagalan, dimulai dari penyembelihan, pengulitan, hingga memotong daging menjadi lebih kecil. Adapun siswa perempuan bertugas di tempat pencacahan dan pembungkusan daging qurban untuk disalurkan.

Salah satu kekhasan perayaan Idul Adha di MAN Insan Cendekia Serpong adalah tugas khusus kelas XII untuk memasak daging menjadi sate dan kemudian dibagikan kepada seluruh civitas yang tinggal di lingkungan asrama. Dan yang ditunggu tentu saja malam harinya, karena makan-makan sate bersama diadakan dalam acara Bastian: Bakar Sate Tiga Angkatan. Berkumpul dan menyantap makanan bersama, tentu saja sangat lebaran bukan?