KALEiDOSKOP PRESTASI MADRASAH 2020

KALEiDOSKOP PRESTASI MADRASAH 2020

Minggu, 14 Mar 2021 15 view

 

KALEiDOSKOP PRESTASI MADRASAH 2020

 “MENJADI MADRASAH HEBAT BERMARTABAT”

MAN INSAN CENDEKA SERPONG

 

Belajar dan Prestasi adalah dua kata yang sudah melekat dalam benak setiap siswa, guru dan tenaga kependidikan MAN Insan Cendekia Serpong.  Dengan motto “Belajar adalah Ibadah, Prestasi untuk Dakwah” maka sejak awal siswa-siswi MAN Insan Cendekia Serpong telah ditanamkan kesadaran bahwa belajar itu “ibadah” perintah dari Allah subhanahu wata’ala dan RasulNya Muhammad sallallahu alaihi wasallam.  Dengan belajar seseorang akan menghasilkan prestasi, dan dengan prestasi seseorang pada hakikatnya “berdakwah” menghasilkan sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi dirinya dan bagi orang lain, serta memotivasi orang lain untuk turut berprestasi pula.

Dalam rentang waktu di tahun 2020, MAN Insan Cendekia Serpong telah menghasilkan berbagai prestasi baik pada tingkat nasional maupun prestasi di tingkat internasional.  Berbagai prestasi yang diraih oleh siswa-siswi MAN Insan Cendekia Serpong di tahun 2020 ini bukanlah hasil yang diperoleh dengan tiba-tiba, tetapi adalah “buah” dari kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja keras, dan kerja bersama dari seluruh sivitas akademika MAN Insan Cendekia Serpong.  Lintasan Prestasi Nasional dan Internasional MAN Insan Cendekia Serpong telah ditorehkan sejak tahun 2002 dan terus konsisten hingga saat ini menjadi bagian yang signifikan dalam mengukir cakrawala prestasi madrasah di Indonesia.

Terkait pencapaian prestasi MAN Insan Cendekia Serpong di tahun 2020 ini, maka Direktur KSKK (Kurikulum Sarana Kesiswaan Kelembagaan) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Dr. H. A. Umar, MA., menyampaikan apresiasinya dan sekaligus memberikan motivasi untuk selalu menginternalisasikan makna Madrasah Hebat Bermartabat bahwa “MADRASAH HEBAT adalah madrasah yang dapat mengembangkan seluruh potensi siswa secara optimal dan mencapai puncak prestasi madrasah dengan cara yang baik (BERMARTABAT)”.

 

 

Prestasi madrasah nasional

Pencapaian Madrasah Nasional Terbaik Tahun 2020 oleh MAN Insan Cendekia Serpong ditandai dengan perolehan rerata Nilai Tertinggi Sub Tes Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, berdasarkan hasil UTBK pada Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yang diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam pengumuman official LTMPT pada tanggal 28 November 2020 tersebut, juga dirilis 10 SLTA Terbaik di Indonesia berdasarkan Nilai Rerata TPS UTBK 2020 versi LTMPT yang menempatkan MAN Insan Cendekia Serpong sebagai SLTA (SMA/MA/ SMK) Peringkat 2  Terbaik Nasional. Berikut hasil selengkapnya nilai rerata TPS UTBK MAN Insan Cendekia Serpong tahun 2020:

 

NO. K R I T E R I A PERINGKAT NASIONAL
1. SMA/MA/SMK Terbaik  Peraih Rerata Nilai TPS UTBK se- Indonesia 2
2. Rerata Nilai Sub Tes Kemampuan  Memahami Bacaan dan Menulis 1
3. Rerata Nilai Sub Tes Kemampuan  Kuantitatif 8
4. Rerata Nilai Sub Tes Pengetahuan Pemahaman Umum 3
5. Rerata Nilai Sub  Tes Kemampuan Penalaran Umum 3

                                                                                    Sumber:

 

 

Prestasi siswa nasional & internasional

Selama tahun 2020 ini, berbagai prestasi siswa MAN Insan Cendekia Serpong pada tingkat nasional berhasil diraih.  Prestasi MAN Insan Cendekia Serpong dipersembahkan oleh siswa-siswinya melalui ajang/ lomba Sains Nasional; yaitu KSN (Kompetisi Sains Nasional) dan KSMO (Kompetisi Sains Madrasah Online) Tingkat Nasional. Berikut hasil selengkapnya Prestasi Nasional MAN Insan Cendekia Serpong tahun 2020:

NO. NAMA SISWA BIDANG/JENIS LOMBA PRESTASI NASIONAL
1. Muhammad Enrizky Brillian Suharno Matematika Terintegrasi KSMO JUARA 1
2. Maritza Gantari Makhrus Kimia Terintegrasi KSMO JUARA 2
3. Hafizh Renanto Ahmad Astronomi KSN Medali PERAK
4. Hafizh Renanto Ahmad Astronomi KSN The BEST THEORY
5. Hanif Muhammad Zhafran Kimia KSN Medali PERAK
6. Muhammad Enrizky Brillian Suharno Matematika KSN Medali PERUNGGU

Sumber: LTMPT

 

Pencapaian prestasi tertinggi dari siswa MAN Insan Cendekia Serpong adalah membawa nama Madrasah untuk mewakili Indonesia pada tingkat dunia dalam kompetisi/ lomba Sains Internasional.  Pada Tahun 2020 ini terdapat 2 (dua) siswa MAN Insan Cendekia Serpong yang berhasil meraih prestasi tertinggi di bidangnya, yaitu;

 

  1. FARREL ALFAZA MARSETYO
  • Medali PERAK pada International Biology Olympiad (IBO) Challenge 2020;

 

 

  1. MUHAMMAD ABDILLAH ROIKHAN

  • Medali PERAK pada Asia International Mathematical Olympiad 2020;
  • Medali PERAK pada International Kangaroo Mathematics Contest 2020;

 

Kompetensi dan motivasi berprestasi yang luar biasa menjadi kunci keberhasilan siswa-siswa tersebut.

Salam Prestasi !