Kehidupan di Asrama

Kehidupan di Asrama

Sabtu, 12 Jun 2021 2534 view

Kegiatan sehari-hari di MAN Insan Cendekia Serpong dimulai dari sebelum subuh hingga menjelang tidur. Selain 8 jam waktu sekolah, siswa MAN Insan Cendekia menghabiskan waktu di asrama. Wakil kepala madrasah bidang keasramaan beserta guru-guru asrama mengatur jadwal sedemikian rupa sehingga para siswa dapat memanfaatkan waktu untuk belajar, istirahat, hingga beribadah.

Sehari-hari, siswa MAN Insan Cendekia Serpong bangun mulai pukul setengah empat pagi, jauh sebelum waktu subuh datang, untuk dibiasakan melaksanakan salat tahajud. Kegiatan salat tahajud dan salat wajib dilakukan di masjid sekolah, Masjid Ulil Albab. Usai salat subuh berjamaah, siswa melakukan aktivitas keagamaan yang dipandu oleh pihak asrama ataupun divisi Iman dan Takwa OS Cendekia. Sekitar pukul setengah enam pagi, para siswa dipersilakan kembali ke asrama untuk persiapan berangkat sekolah, termasuk sarapan.

Sebelum menuju sekolah, kamar wajib dirapikan, dan kelengkapan seragam juga diperhatikan. Pengecekan atribut dan kamar dilakukan oleh anggota OS Cendekia dari divisi yang bersangkutan. Setelah melaksanakan apel pagi di depan gedung asrama, para siswa diarahkan menuju masjid untuk melangsungkan salat duha. Baru setelah salat duha, siswa MAN Insan Cendekia berjalan menuju gedung sekolah untuk kegiatan belajar.

Aktivitas sekolah selesai pada pukul tiga sore, dilanjutkan dengan salat asar berjamaah. Setelahnya, para siswa memiliki waktu bebas, yang biasa dimanfaatkan untuk kegiatan OSIS, ekstra kurikuler, atau mengerjakan tugas. Kegiatan asrama dimulai kembali menjelang waktu maghrib, dengan memastikan seluruh siswa melaksanakan salat berjamaah di masjid tepat waktu. Kemudian, kegiatan asrama dilanjutkan usai salat maghrib hingga waktu isya datang, yang diisi oleh wali asrama atau guru-guru asrama.

Berakhirnya salat isya berjamaah menandakan datangnya kembali waktu bebas untuk para siswa MAN Insan Cendekia Serpong. Di malam hari, siswa mengerjakan tugas dan belajar mandiri di asrama masing-masing. MAN Insan Cendekia Serpong juga memberikan fasilitas kepada siswa bila ingin belajar dengan guru di luar waktu sekolah, dengan menyediakan asrama bagi para guru yang kemudian dimanfaatkan untuk belajar tambahan sesuai waktu yang telah disepakati.

Kegiatan sehari-hari di MAN Insan Cendekia Serpong teratur dan cukup padat. Namun, para siswa tetap dapat melakukan kegiatan menyegarkan dan menghibur untuk menghilangkan penat pada fasilitas yang telah disediakan sekolah. Aktivitas yang dilakukan biasanya adalah olahraga, baik berupa jogging, sepakbola, basket, voli, dan bulu tangkis. Tidak hanya itu, siswa juga dapat mengembangkan bakat bermusik lewat studio musik yang berada di Gedung Pusat Kegiatan Siswa. Segala bentuk kegiatan dan fasilitas yang tersedia diharapkan dapat menunjang pembelajaran dan membuat siswa merasa nyaman selama berada di lingkungan asrama MAN Insan Cendekia Serpong.