Kesempurnaan Sistem Bimbingan Belajar MAN Insan Cendekia Serpong

Kesempurnaan Sistem Bimbingan Belajar MAN Insan Cendekia Serpong

Jumat, 9 Des 2022 3733 view

Dalam tiga tahun terakhir, MAN Insan Cendekia Serpong berhasil menduduki peringkat teratas dalam kategori SMA/MA dengan rata-rata nilai UTBK tertinggi se-Indonesia. Keberhasilan ini rupanya merupakan efek domino dari sistem pengajaran yang diterapkan di MAN Insan Cendekia Serpong bersama para guru, siswa, dan wali murid melalui program “Bimbel Intensif PTN Kelas XII”.

Bimbingan belajar oleh MAN Insan Cendekia Serpong diatur supaya siswa dapat memaksimalkan potensinya dalam mempersiapkan ujian masuk universitas. Bimbingan belajar ini dilakukan hampir sepanjang tahun dan dibagi dalam tiga tahap.

Tahap pertama dari Bimbel Intensif dilakukan dari bulan Agustus hingga Oktober. Fokus dalam Bimbel Intensif Tahap I ini adalah recalling materi yang telah siswa pelajari selama hampir tiga tahun. Modul yang diberikan oleh pengajar umumnya berisi soal-soal yang pernah muncul dalam ujian beberapa tahun lalu. Pengajar juga menyelipkan beberapa rangkuman materi yang penting untuk diingat siswa dalam modulnya.

Seperti pemanasan, siswa dijadwalkan mengikuti Bimbel Tahap 1 hanya pada hari Senin, Selasa, dan Rabu dengan durasi 1 jam 30 menit. Untuk memantapkan mental para siswa, MAN Insan Cendekia Serpong memberikan try out eksternal dengan sistem pemeringkatan siswa Insan Cendekia se-Indonesia setiap bulannya. Hal ini tentu memberikan motivasi tambahan bagi siswa untuk mempertahankan posisinya sebagai murid dari Insan Cendekia tertua.

Pada bulan Januari-Februari, intensitas siswa berhadapan dengan Bimbel ditambah. Siswa harus mengikuti Bimbel Intensif Tahap II sepulang sekolah pada hari Senin hingga Kamis untuk pembahasan soal dan hari Sabtu untuk melakukan tryout eksternal. Bukan hanya menambah hari pertemuan, dalam Bimbel Intensif Tahap II ini waktu per pertemuan pun ditambah menjadi 1 jam 45 menit. Modul dan pembelajaran di kelas telah melalui fase pemanasan dan pembahasan semakin serius. Siswa diberikan level soal yang lebih tinggi dan para guru telah gencar memberikan tips jitu dalam menjawabnya. Sebelum memasuki kelas, siswa wajib menyelesaikan soal yang akan dibahas pada hari tersebut sehingga pembelajaran semakin efektif dan mendalam.

Dedikasi MAN Insan Cendekia Serpong dalam mengantar para siswanya ke gerbang kesuksesan masuk PTN semakin ditunjukkan dengan memprioritaskan mata pelajaran UTBK bagi kelas 12 di semester 2. Hal ini tentu meringankan beban serta memberi kesempatan siswa untuk semakin fokus dalam melaksanakan Bimbel Intensif Tahap III. Pada tahap terakhir ini, siswa mengikuti bimbingan belajar setiap hari dari pukul 07.15—14.30.

Bimbel Intensif Tahap III yang dilaksanakan pada bulan Maret ini menjadi puncak perjuangan seluruh individu dalam mempersiapkan ujian masuk universitas. Istimewanya, siswa tidak dibiarkan menanggung beban berat begitu saja, para wali murid rutin seminggu sekali memberi sejumlah kudapan untuk menyemangati anak-anak di asrama. Para pengajar juga rutin memberikan motivasi di akhir sesi pembelajaran. Atas kerja sama tersebut, siswa menjadi lebih bahagia dalam menjalani prosesnya.

Tentu, raihan rata-rata nilai ujian masuk universitas bukanlah sebuah obsesi. Para pengajar secara tulus berdedikasi semaksimal mungkin dalam menjalankan tugasnya, yaitu mengantar siswa menjadi yang terbaik sesuai pilihannya. Penyempurnaan sistem, pemberian ilmu seluas-luasnya, dan kerja sama yang baik antarelemen menjadi kunci terjadinya semua hal baik yang telah diraih atas bimbingan belajar ini. Oleh sebab itu, siswa diharapkan dapat menggunakan Bimbel Intensif secara aktif dan maksimal dalam meraih nilai UTBK terbaik.