Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022

Jumat, 2 Sep 2022 3314 view

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten/Kota tahun 2022 dilaksanakan pada tangal 13 – 15 Agustus, sebanyak 66 orang peserta dari berbagai tingkat satuan pendidikan, mulai dari SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA menyambut kompetisi dengan semangat dan antusias. Adapun bidang sains yang dilombakan antara lain:

  1. Tingkat MI/SD : Matematika Terintegrasi. IPA Terintegrasi.
  2. Tingkat MTS/SMP : Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi.
  3. Tingkat MA/SMA : Matematika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Geografi Terintegrasi.

 

MAN Insan Cendekia Serpong menjadi salah satu peserta dari kompetisi ini, sebanyak 12 orang diikut sertakan dalam setiap bidang yang dilombakan dengan masing-masing bidang sebanyak dua orang. Persiapan yang dilakukan mulai dari bimbingan teknis yang berlangsung dari tanggal 2 s.d 11 Agustus dan uji coba pada tanggal 9 s.d.11 Agustus. Dari duabelas peserta, alhamdulillah sembilan peserta dinyatakan lolos untuk mengikuti tahap selanjutnya di tingkat provinsi dan nasional. Muhammad Yusuf  K.A, sebagai juara pertama bidang Kimia Terintegrasi, dalam podcast yang berjudul “Struggle in the competition-Schodcast Episode 3” ia berbagi cerita tentang bagaimana memulai langkahnya dalam dunia kompetisi sains, tak lupa juga tips dan trik belajar ala Yusuf, berikut link youtube nya: https://youtu.be/hN_nf6-CkJA . Selain Yusuf yang menyabet juara satu, ada juga Najma Haniffah yang meraih juara 3 bidang ekonomi. Hal yang menarik dari kisah Najma adalah bahwa ia sempat minder dan ingin mengundurkan diri dari kompetisi ini, akan tetapi berkat dukungan dari teman – teman, guru, dan orangtua, akhirnya ia memutuskan untuk lanjut mengikuti kompetisi. Berbekal dari pengalaman ketika di SMP, ia lebih berhati – hati ketika menjawab soal, tidak terburu-buru membaca soal, dan senantiasa berdzikir.