Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) Gudep 02.061 – 02.062 Pangkalan MAN Insan Cendekia Serpong

Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) Gudep 02.061 – 02.062 Pangkalan MAN Insan Cendekia Serpong

Minggu, 27 Jun 2021 2053 view

Sebanyak dua puluh tiga orang Pembina Pramuka di Gugus Depan 02.061-02.062 Pangkalan MAN Insan Cendekia Serpong mengikuti Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) pada tanggal 5 Juni 2021 sampai dengan 12 Juni 2021. Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat, dengan penyajian materi indoor selama 4 hari di Gedung Serba Guna MAN Insan Cendekia Serpong. Selanjutnya materi outdoor selama 3 hari di Bumi Perkemahan Villa Inka Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, Jawa Barat.

Acara pembukaan KMD dibuka oleh Waka Kwarcab, Kak Sapta Mulyana dan dihadiri juga oleh Sekdispora, Kak Saefuddin, Kak Heri Susanto selaku Kapusdiklatcab Kwarcab Kota Tangsel serta Kak Samsuni selaku Pinsus KMD.

Berbagai materi tentang Kepramukaan dipelajari lebih dalam lagi oleh para Kakak Pembina yang mengikuti kursus. Beberapa materi yang disajikan antara lain:

  • Peran Gerakan Pramuka dalam Membangun Kepemudaan di Kota Tangerang Selatan oleh Ketua DPD KNPI Kota Tangsel, Syaifuddin HI, S.Pd., M. Si., Kp.
  • Fundamental Gerakan Pramuka
  • Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan
  • Dunia Siaga
  • Kepenggalangan oleh Eni Arumita Sari, S. Pd., MS
  • Jiwa dan Tapak Penegak oleh Samsuni Ahmad, MA. M. Si
  • Peran, Tugas dan Tanggung Jawab Pembina Pramuka
  • Sistem Among
  • Organisasi dan Administrasi Gugus Depan
  • Struktur Organisasi Gerakan Pramuka
  • Metode Membina Penegak oleh Ilham Suyatno, S. Pd.

Kak Ihsan Suryadi yang didampuk sebagai Lurah KMD begitu antusias mengikuti kegiatan. Mewakili peserta beliau memaparkan betapa Kursus Mahir tingkat Dasar sangat penting bagi para pendidik (pembina), “KMD ini ajang transformasi cepat dalam menguasai kegiatan-kegiatan yang ada dalam kepramukaan untuk nanti dapat di transfer ilmunya kepada putera-puteri peserta didik,” tutur beliau mantap.

“Kegiatan KMD untuk Pembina Pramuka di Gudep Habibie Ainun MAN Insan Cendekia Serpong merupakan langkah tepat dan produktif untuk memenuhi rasio kebutuhan Pembina Pramuka yg memiliki standar di MAN IC Serpong,” jelas Kak Abdul Basit selaku Kamabigus. Beliau mengingatkan bahwa menekuni dunia pendidikan perlu bekal yang cukup. “Apabila kita menekuni dunia kepramukaan baik sebagai Pembina maupun pembantu Pembina, idealnya kita perlu tahu dulu dasar dan ilmu tentang pembinaan peserta didik Pramuka baik di golongan siaga, penggalang, maupun penegak,” tambahnya.

Setelah mengikuti KMD, para Kakak Pembina Pangkalan MAN Insan Cendekia Serpong akan melanjutkan kursus menuju KML. Kak Abdul Basit memberikan harapan terbaiknya untuk seluruh peserta,” Adanya pencapaian Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar ini tidak lain adalah untuk mendapatkan bekal dasar dalam membina dan diakui sebagai Pembina Pramuka yang mahir tingkat dasar.”

Semoga ilmu yang didapat selama KMD bisa diaplikasikan dalam proses pembinaan peserta didik, untuk mewujudkan MAN Insan Cendekia Serpong menuju Gugus Depan Berkualitas.