MAN IC Serpong Berhasil Cetak 95 Persen Siswanya ke Perguruan Tinggi Negeri

MAN IC Serpong Berhasil Cetak 95 Persen Siswanya ke Perguruan Tinggi Negeri

Jumat, 27 Agu 2021 1020 view

Tangerang Selatan-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong berhasil mencetak lulusan terbaik hingga 95 persen masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Lulusan MAN Insan Cendekia Serpong Tahun 2021, Angkatan Ke-24, Atrivics Foterina Candradika Regarda, diketahui berhasil mendapatkan beasiswa hingga ke Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala MAN IC Serpong, Abdul Basit yang menyatakan bahwa dengan kedisiplinan dan target yang diberikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) pihaknya berhasil memberikan lulusan terbaik.

“Kami MAN IC serpong tetap konsisten dengan target yang diharapkan oleh Kementerian Agama RI, kami ditarget 90 persen siswa bisa tembus PTN terbaik,” ujarnya, Rabu (25/08/2021).

Diketahui, 3 orang yang lulus PTLN adalah Ferano Ramadhan Kanabawa yang berhasil masuk ke Tokyo International University, kemudian ada Cerah Unggun Nireya yang lolos ke Ritsumeikan University di Jepang, lalu Fatehatul Umaroh yang berhasil melanjutkan pendidikannya ke University of Minnesota di Amerika Serikat.

Kemudian 121 siswa berhasil lolos ke PTN diantaranya adalah 27 siswa berhasil masuk ke Institut Teknologi Bandung (ITB), kemudian 19 siswa berhasil melanjutkan study-nya ke Universitas Indonesia (UI).

Lanjut ada 17 siswa berhasil masuk ke Universitas Gadjah Mada (UGM), 10 siswa masuk ke Universitas Brawijaya, 9 siswa masuk ke Universitas Diponegoro, 8 siswa ke Universitas Padjajaran.

Kemudian, 6 siswa masuk ke Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), 5 siswa masuk ke Universitas Airlangga (UNAIR), 4 siswa masing-masing masuk ke Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dua siswa masing-masing masuk ke Universitas Sriwijaya (Unsri), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Lampung (Unila), 1 siswa masing-masing melanjutkan study ke Universitas Andalas, Universitas  Hasanuddin, Universitas Udayana, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Tiga siswa lainnya masuk kedalam PTS, yaitu 2 siswa melanjutkan belajarnya ke Telkom University, dan 1 siswa melanjutkan belajarnya ke Binus University.

“Persentase kelulusan ditahun ini 99,21 persen, dan alhamdulillah semua diterima di perguruan tinggi negeri, swasta, bahkan luar negeri. Hanya 1 siswa yang gap year,” ungkap Basit.

Basit berharap untuk alumni yang lulus PTN agar selama mereka melanjutkan study nya untuk tetap konsisten menjaga core value dari MAN IC Serpong.

“Harapan saya untuk alumni yang lulus di PTN agar selama di PTN mereka tetap konsisten menjaga core value MAN IC Serpong dan berkontribusi untuk bangsa dan negara,” terangnya.

Serta, Basit berharap, untuk siswa kelas akhir atau kelas 12 banyaknya kelulusan ke PTN di tahun ini semoga dijadikan spirit dan motivasi, sehingga bisa mengikuti jejak kakak kelasnya yang sukses melanjutkan belajarnya hingga ke Luar Negeri. “Untuk siswa kelas XII (12) tentu ini dijadikan spirit dan motivasi untuk mengikuti jejak kakak kelasnya, apapun situasinya kita siswa MAN IC serpong tetap berprestasi,” tutupnya.