MAN Insan Cendekia Serpong Berhasil Meraih Predikat WBK 2021

MAN Insan Cendekia Serpong Berhasil Meraih Predikat WBK 2021

Senin, 20 Des 2021 8318 view

Serpong – Kepala MAN Insan Cendekia Serpong, Dr. Abdul Basit, S.Ag., M.M. didampingi jajaran pimpinan dan TIM Pembangunan Zona Integritas MAN Insan Cendekia Serpong menghadiri acara Apresiasi dan Penganugrahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) 2021 secara daring di Ruang Audio Visual, Senin, 20 Desember 2021.

Penghargaan Apresiasi dan Penganugrahan Zona Integritas menuju WBK/WBBM 2021 diserahkan langsung oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. Dari total ada 4.402 unit kerja layanan kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota yang diusulkan dalam Zona Integritas (ZI), telah rampung dievaluasi hanya 486 saja yang berhasil menerima predikat WBK/WBBM.

Dari Kementerian Agama yang berhasil memperoleh predikat WBK hanya ada dua unit kerja. Salah satunya adalah MAN Insan Cendekia Serpong. Ini merupakan madrasah pertama yang memperoleh predikat WBK di Indonesia. Menurut kepala Madrasah MAN Insan Cendekia Serpong, Dr. Abdul Basit, S.Ag., M.M., predikat yang bergengsi ini sesungguhnya adalah buah dari kerja keras seluruh Civitas MAN Insan Cendekia Serpong selama ini. Dia juga menambahkan, WBK adalah awal yang baik bagi MAN Insan Cendekia Serpong untuk memulai Tahun 2022 nanti serta jadikan pelecut semangat untuk lebih baik lagi.

“Kita ketahui bersama, dalam pembangunan Zona Integritas ini haruslah memiliki komitmen dari semua unsur di Madrasah. Dan predikat WBK yang barusan kita capai merupakan wujud nyata dari komitmen kita semua,” ujar beliau.

Keberhasilan MAN Insan Cendekia Serpong merail predikat WBK tahun 2021 ini tak lepas dari beberapa inovasi yang dilakukan dalam masa pandemi COVID-19 ini. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dalam bidang akademik dengan Program PAMUNGKAS (Peningkatan Mutu Unggul Akademik Siswa) yang dimotori oleh Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum, Dr. Ir. Elly Haswani, M.Pd.

Program ini terbukti unggul karena telah membawa MAN Insan Cendekia Serpong ini menjadi sekolah terbaik secara nasional berdasarkan nilai UTBK dan telah mengantarkan para siswanya ke perguruan tinggi negeri favorit.  

Kepala Madrasah juga meminta seluruh civitas madrasah untuk dapat meningkatkan kinerja dan keseriusan untuk mempertahankan predikat WBK dan kedepannya meraih predikat WBBM.

“Jangan sampai hanya disini kita berhenti. Mempertahankan itu lebih sulit dari pada meraih. Selain itu masih ada WBBM di depan kita,” tegas Kepala Madrasah MANICS.