Mengenal Ambalan Habibie – Ainun 02.061 – 02.062

Mengenal Ambalan Habibie – Ainun 02.061 – 02.062

Jumat, 9 Des 2022 3340 view

Gerakan Pramuka MAN Insan Cendekia Serpong, Gugus Depan 02.061-02.062 merupakan kegiatan pengembangan bakat dan minat siswa yang dilaksanakan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi siswa-siswi kelas 10. Kegiatan ini selaras dengan pengembangan potensi, bakat, minat serta moral yang berlandaskan IMTAQ (Iman dan Taqwa), IPTEK (Ilmu Pengetahuan Teknologi), Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Kegiatan pramuka MAN Insan Cendekia Serpong dilaksanakan dengan baik dan sudah mendapatkan legalisasi Gerakan Pramuka di Madrasah. Legalisasi Gerakan Pramuka ini diinisiasi oleh Tim Pembina, yaitu Bapak Abdul Jalil dan Ibu Renelita Artati yang mendaftarkannya di Kwartir Ranting Serpong.

Mengenang jasa Bapak B.J Habibie dan Ibu Asri Ainun Habibie, MAN Insan Cendekia Serpong menjadikan nama, “Habibie – Ainun” sebagai nama Ambalan dengan nomor Gugus Depan aktif, 02.061 – 02.062 di Kwartir Ranting Serpong, Kwartir Cabang Kota Tangerang Selatan. Pada tahun 2020, berdasarkan hasil Musyawarah Gugus Depan yang diselenggarakan di Pancawangi, Bogor terbentuklah kepengurusan untuk masa kerja 2021-2023 dengan Bapak Tri Haryanto selaku Ketua Gugus Depan Putra dan Ibu Renelita Artati selaku Ketua Gugus Depan Putri.

Kegiatan Pramuka Ambalan Habibie-Ainun, 02.061-02.062 dilaksanakan rutin setiap hari Rabu, mulai pukul 15.30 (selepas salat ashar) s.d maksimal pukul 17.15 WIB. Seluruh kelas 10 berpartisipasi aktif mengikuti kegiatan Pramuka yang dibina langsung oleh kakak pembina yang terdiri dari bapak/ibu guru dan karyawan.

Gerakan Pramuka Pangkalan MAN Insan Cendekia Serpong melakukan beragam kegiatan yang menggunakan prinsip dasar pendidikan yang bertumpu pada empat sendi pokok; belajar mengetahui (learning to know), belajar berbuat (learning to do), belajar hidup bermasyarakat (learning to live together), serta belajar untuk mengabdi (learning to serve). Dengan adanya gerakan pramuka di MAN Insan Cendekia Serpong siswa-siswi diharapkan dapat melanjutkan ke tingkatan pramuka yang lebih tinggi dan mampu berkontribusi di masyarakat luas.

Para pembina pramuka juga berperan aktif dalam memberikan materi kepramukaan setiap minggunya yang berdasar pada Syarat Kecakapan Umum (SKU) yang wajib dimiliki oleh setiap anggota pramuka. Peran pembina juga sangat penting dalam meningkatkan kemampuan pendidikan pramuka bagi siswa-siswi agar dapat meningkatkan sikap, mental, dan moral yang berkarakter serta berorientasi pada pencapaian prestasi bagi peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan para pembina yang sudah lulus dalam Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Penegak oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang (Pusdiklatcab) Kota Tangerang Selatan. Tidak hanya itu, siswa-siswi Ambalan Habibie – Ainun juga terus mengharumkan nama pangkalan pramuka MAN Insan Cendekia Serpong dengan berbagai prestasi yang diraih. Seperti prestasi yang diperoleh pada bulan Oktober lalu pada Giat Prestasi Penggalang dan Penegak se-Jawa dan Bali yang dilaksanakan di UIN Jakarta.

Semoga Gerakan Pramuka, Ambalan Habibie – Ainun, 02.061 – 02.062, Pangkalan MAN Insan Cendekia Serpong terus berkembang dan semakin berprestasi.