Menteri Agama Hadiri Milad ke-25 MAN Insan Cendekia Serpong

Menteri Agama Hadiri Milad ke-25 MAN Insan Cendekia Serpong

Selasa, 5 Okt 2021 2708 view

Tangerang Selatan – Menteri Agama Republik Indonesia (RI), Yaqut Cholil Qoumas menghadiri acara hari ulang tahun (milad) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Selasa 5 Oktober 2021.

Kedatangan Menteri Agama beserta jajaran ke MAN IC disambut oleh Kepala MAN IC Serpong Abdul Basit, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, Kepala Kantor Wilayah Kemenag se-Provinsi Banten, Kepala MAN IC se-Indonesia, serta guru, karyawan, dan puluhan murid MAN IC Serpong.

Digelar di Aula GSG MAN IC Serpong, acara tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Dr. Sofyan Hadi dari PTIQ. Kemudian acara dilanjutkan dengan doa yang dibacakan oleh Kepala MAN IC Pasuruan, Syamsul Ma’arif.

Dalam sambutannya, Menteri Agama mengatakan, milad MAN Insan Cendekia ke-25 ini memberikan kado istimewa yaitu menjadi sekolah peringkat 1 Nasional berdasarkan nilai Uji Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Namun, Yaqut mengigatkan, MAN IC Serpong jangan sampai terlena dengan prestasi ini, karena bisa dikejar oleh sekolah-sekolah lain, khusus nya MAN IC se-Indonesia.

“Kebetulan MAN Insan Cendekia Serpong lahir lebih dahulu, itu saja, tapi pak jangan terlena, jangan mentang-mentang lahir lebih dulu terus terlena, tidak bisa, bisa jadi kekejar yang lain,” terangnya, Selasa 5 Oktober 2021.

“Bisa jadi MAN Insan Cendekia Serpong ini prestasi duluan, tetapi kalau terlena tersalip oleh MAN-MAN Insan Cendekia yang lain, dan saya berharap itu terjadi,” tambahnya.

Yaqut menerangkan, banyak sekali prestasi yang telah ditorehkan oleh MAN Insan Cendekia Serpong ini, termasuk beberapa lulusannya telah berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri hingga Perguruan Tinggi Luar Negeri.

Seperti yang baru-baru ini, diterangkan Yaqut, ada lulusan dari Madrasah Insan Cendekia Serpong yang berhasil masuk ke Perguruan Tinggi di Negeri Sakura Jepang.

“Termasuk bagaimana lulusan MAN Insan Cendekia ini tersebar di berbagai perguruan tinggi, baik didalam maupun luar negeri, dan itu favorit semua. Cuma tadi gak ada saya browsing itu ada UIN nya, ada Jepang sekian persen, di Inggris sekian persen dan seterusnya, UI, ITB, UGM dan seterusnya,” paparnya.

Yaqut juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Tangsel yang telah memberikan hibah tanahnya seluar 5,7 hektar untuk MAN Insan Cendekia Serpong.

Yaqut memberikan pesan kepada MAN Insan Cendekia lainnya untuk jangan kalah oleh MAN Insan Cendekia Serpong yang telah banyak menorehkan prestasi hingga mendapatkan hibah tanah yang sangat luas.

“MAN Insan Cendekia lain harus iri, dekati bupati dekati walikota minta hibah yang sama, jangan mau kalah, kalau disini 5,7 di Gorontalo minta 6 hektar, di Pekalongan minta 7 hektar, urusan pembangunan bagaimana urusan Dirjen Pendis (Direktur Jenderal Pendidikan Islam),” ujarnya.

Sementara itu, dalam pemaparannya, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengucapkan selamat Milad ke-25, menurutnya, keberadaan MAN IC di Tangsel sudah memberikan sebuah kebanggaan, terlebih terhadap prestasinya yang gemilang.

Untuk tahun ini saja, Benyamin mengatakan, Madrasah Aliyah Negeri yang berlokasi di Serpong itu mendapatkan ranking pertama se-Indonesia dalam UTBK diantara SMA-SMK dan seterusnya.

“Kemudian di tingkat dunia juga sudah banyak melahirkan prestasi, tentunya ini sangat membanggakan bagi masyarakat kita di Tangsel. Dan satu catatan juga kami Pemkot sudah menghibahkan tanah ini, 5,7 hektar kepada Kementerian Agama, kepada bapak Menteri agama tadi sudah saya laporkan,” ucapnya.

Kemudian, Kepala MAN Insan Cendekia Serpong, Abdul Basit menjelaskan, perjalanan MAN Insan Cendekia sudah sangat panjang, lahir pada 21 Septembet 1996 MAN IC Serpong berdiri di kawasan Taman Tekno BSD.

Dirinya bersyukur sekali dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk anak-anak yang berhasil membawa Insan Cendekia mendapatkan ranking 1 dalam hal nilai UTBK. “Kami semua memberikan kado yang terbaik untuk Kemenag,” ungkapnya.

Acara Milad MAN IC Serpong diawali dari rangkaian virtual run yang telah dilaksanakan dari tanggal 18 September 2021, yang diikuti oleh seluruh civitas bahkan alumni Insan Cendekia di seluruh dunia.

Rangkaian Milad itu dilanjutkan dengan Webinar, lalu agenda rutin Civitas Day MAN IC Serpong. Kehadiran Menteri Agama ke MAN IC Serpong ini merupakan puncak dari acara tasyakuran Milad ke-25 MAN Insan Cendekia yang menjadi kebahagiaan tersendiri untuk guru, karyawan, siswa serta seluruh civitas MAN Insan Cendekia Serpong.