MONETER: Edukasi Pengelolaan Keuangan Siswa MAN Insan Cendekia Serpong

MONETER: Edukasi Pengelolaan Keuangan Siswa MAN Insan Cendekia Serpong

Selasa, 14 Mar 2023 264 view

Tangerang Selatan (MAN Insan Cendekia Serpong) – Hari Sabtu, 11 Maret 2023 merupakan hari sibuk yang dipenuhi oleh berbagai aktivitas bagi siswa dan siswi MAN Insan Cendekia Serpong. Pasalnya, banyak acara internal maupun eksternal yang berlangsung pada bulan Maret ini, salah satunya adalah kegiatan workshop MONETER: MONey Education To EveRyone. Kegiatan yang bertema “The Power of Money: Care your money, bright up your future” dilangsungkan pada pukul 08.00 hingga 11.30 WIB dengan bertempat di ruang teater. Narasumber yang hadir untuk berbagi ilmu pada acara ini adalah Ajeng Karina Sari yang merupakan alumni dari MAN Insan Cendekia Serpong.

Acara diawali dengan pembukaan, lalu dilanjut dengan sambutan oleh ketua pelaksana, Bagus Noor Rahman Hidayat dan ice breaking sebelum memasuki inti acara. Ice breaking dilakukan agar peserta workshop dapat menjalani rangkaian acara dengan baik dan fokus. Pada inti acara, narasumber memulai penyampaian materinya dengan masalah mengenai keuangan yang umum dilakukan oleh muda-mudi, di antaranya adalah tidak mau belajar mengenai keuangan, malas belajar dan mencoba hal baru, serta mengikuti guru belajar keuangan yang sesat. Padahal, belajar mengenai keuangan adalah suatu hal yang krusial dan wajib bagi semua orang karena menyangkut masa depan.

Menurut Ajeng, pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan 5M yang terdiri dari menghasilkan, menyisihkan, menempatkan, melindungi, dan menikmati. Dalam acara ini Ajeng mengajarkan untuk mengalokasikan keuangan, mengontrol pengeluaran, menyisihkan untuk dana darurat, hingga belajar mempelajari mengenai investasi dan produk jasa keuangan lainnya.

Workshop diakhiri dengan tanya-jawab antara narasumber dan peserta, juga ditutup oleh pertanyaan dari divisi acara untuk menguj pemahaman peserta yang telah mendapat wawasan banyak setelah melalui rangkaian acara. Melalui seminar ini, peserta diharapkan dapat menambah pengetahuannya mengenai money management agar dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari sehingga memiliki skill mengatur keuangan yang baik. Dalam penyampaiannya, Ajeng tak henti mengingatkan peserta sebagai generasi muda agar mulai memperhatikan pengelolaan keuangan serta berhati-hati.

“Apabila tidak mulai untuk belajar dari sekarang, apabila sudah memiliki penghasilan sendiri takutnya kalian akan bingung yang mana yang akan disimpan, digunakan, dan juga di investasikan.” ungkap Ajeng.

 

Oleh: Azka Nabilah Azzahra | X-2