Ophelia 2023

Ophelia 2023

Rabu, 18 Jan 2023 971 view

Oleh: Ahmad Azra Al Taftazany, Kelas XI MIPA1

Ophelia merupakan acara yang diadakan oleh para pengurus OSIS MAN Insan Cendekia Serpong yang berupa kegiatan open house di mana para peserta yang terdiri dari murid SMP dan sederajat dapat mengunjungi kampus dan mempelajari lebih lanjut tentang program serta fasilitas yang ada di MAN Insan Cendekia Serpong. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad 15 Januari 2023 mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 15.30 WIB yang dihadiri oleh 170 peserta dari berbagai wilayah. Ophelia memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengenal lebih dekat MAN Insan Cendekia Serpong dan mengajukan pertanyaan kepada para mentor, panitia, dan siswa saat ini.

Salah satu tujuan utama Ophelia adalah memperkenalkan berbagai fasilitas madrasah seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan fasilitas olahraga. Peserta dapat berkeliling madrasah dan melihat area berbeda di mana mereka nanti akan belajar apabila diterima masuk menjadi murid MAN Insan Cendekia Serpong dan berpartisipasi dalam beragam kegiatan di dalamnya. Mereka juga dapat mempelajari berbagai program yang ditawarkan di sekolah, seperti kegiatan ekstrakurikuler dan klub.

Aspek penting lainnya dari open house atau Ophelia ini adalah kesempatan untuk bertemu dan berbincang dengan siswa MAN Insan Cendekia Serpong saat ini. Peserta dapat bertanya kepada siswa saat ini tentang pengalaman mereka di sekolah dan memahami kegiatan yang ada. Mereka juga dapat berdiskusi dengan para mentor tentang filosofi pengajaran dan kurikulum yag diterapkan. Ini dapat membantu mereka memahami lingkungan belajar dan sebagai bahan pertimbangan apakah itu cocok untuk mereka.

Ophelia juga mencakup presentasi atau sambutan oleh unsur pimpinan madrasah, seperti kepala madrasah atau wakil kepala madrasah. Presentasi ini memberikan ikhtisar tentang misi dan nilai-nilai sekolah, serta informasi tentang pendaftaran.

Yang tidak kalah menarik adalah adanya acara talkshow yang diisi oleh narasumber seorang Alumni inspiratif lulusan tahun 2022, Muhammad Fawwaz Farhan Farabi yang bercerita tentang bagaiman perjuangannya di MAN Insan Cendekia Serpong hingga bisa lulus dan diterima di 5 perguruan tinggi terbaik dunia.

Secara keseluruhan, Ophelia adalah kesempatan yang sangat baik bagi para peserta yang hadir untuk belajar mengenal lebih banyak tentang MAN Insan Cendekia Serpong. Ini adalah momen yang bagus bagi mereka untuk memahami budaya sekolah dan melihat fasilitasnya, bertemu dengan guru dan siswa, serta mempelajari program dan peluang yang tersedia yang pada akhirnya akan menjadi bahan pertimbangan apakah akan lanjut mendaftar sebagai calon peserta didik MAN Insan Cendekia Serpong atau tidak.