PAMUNGKAS Inovasi Andalan MAN Insan Cendekia Serpong

PAMUNGKAS Inovasi Andalan MAN Insan Cendekia Serpong

Jumat, 8 Apr 2022 9936 view

MAN Insan Cendekia Serpong terletak di BSD kota Tangerang Selatan. Madrasah ini berdiri sejak tahun 1996, diprakarsai oleh Prof. Dr. Eng. BJ. Habibie melalui Science and Technology Equiety Program oleh BPPT.

Salah satu target MAN Insan Cendekia Serpong yakni diterimanya lulusan madrasah di Perguruan Tinggi berkualitas. Untuk itu inovasi PAMUNGKAS hadir dalam mencapai target tersebut.

PAMUNGKAS merupakan akronim dari, Peningkatan Mutu Unggul Akademik Siswa. Pamungkas merupakan inovasi yang dicanangkan untuk memenuhi target madrasah, yakni diterimanya 90% lulusan madrasah di Perguruan Tinggi berkualitas, dalam maupun luar negeri setiap tahunnya.

Inovasi PAMUNGKAS terdiri dari 4 program unggulan yang mulai diimplementasikan sejak tahun 2018, yakni;

  1. Responsi; yaitu penambahan jam pada mata pelajaran peminatan di semua level dan kelas.
  2. Bimbingan UTBK; merupakan bimbingan intensif untuk siswa kelas XII termasuk Tryout internal dan eksternal.
  3. Wawasan Perguruan Tinggi; terdiri dari kegiatan Bimbingan Karir, Roadshow Alumni, Kunjungan Kampus, serta Pameran Perguruan Tinggi.
  4. Potret Diri; merupakan kegiatan penggalian potensi minat & bakat siswa oleh psikolog professional, serta pendampingan pengelolaan emosional siswa.

 

Inovasi PAMUNGKAS berdampak signifikan terhadap siswa kelas 12. Pada tahun 2020 inovasiĀ  PAMUNGKAS mampu mengantarkan siswa MAN Insan Cendekia Serpong menempati ranking kedua nilai tertinggi pada skor UTBK secara Nasional. Bahkan pada tahun 2021 berhasil menduduki peringkat pertama nilai tertinggi pada skor UTBK secara Nasional menurut Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

Untuk itulah Inovasi PAMUNGKAS terbukti mendukung pencapaian target MAN Insan Cendekia Serpong.