Pelaksanaan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia Serpong Tahun Ajaran 2022/2023

Pelaksanaan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia Serpong Tahun Ajaran 2022/2023

Rabu, 9 Mar 2022 3669 view

Kementerian Agama melalui Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah kembali membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia tahun ajaran 2022/2023.  Setelah melalui rangkaian sosialisasi SNPDB MAN IC, terhimpun ada 3.019 orang yang mendaftar ke MAN Insan Cendekia Serpong. Namun, ada beberapa pendaftar yang tidak menyelesaikan pendaftarannya. Sehingga, setelah melalui tahap verifikasi berkas, peserta yang lolos dan berhak mengikuti tes SNPDB MAN Insan Cendekia tahun 2022 tercatat sebanyak 2.494 orang.

Pelaksanaan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) yang diselenggarakan pada hari Sabtu s.d. Minggu, tanggal 26 s.d. 27 Februari 2022 berjalan dengan lancar. Tes dibagi menjadi empat sesi, masing-masing per harinya terdapat dua sesi. Dengan menggunakan sistem CBT (Computer Based Test), para calon peserta didik dapat mengakses dan melaksakan tes SNPDB MAN IC di rumah atau sekolah masing-masing.

Pada hari pertama, jumlah peserta yang melaksanakan tes SNPDB MAN Insan Cendekia sebanyak 1.235 calon peserta didik. Sedangkan di hari kedua, tercatat sebanyak 1.177 calon peserta didik melaksanakan tes SNPDB MAN Insan Cendekia. Namun, ada sekitar 82 calon peserta didik yang tidak mengikuti tes CBT (Computer Based Test) SNPDB MAN Insan Cendekia.

Bapak Darno Raharjo selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana Prasarana mengambil kebijakan untuk melaksanakan tes SNPDB MAN Insan Cendekia Serpong tahun 2022 di rumah atau sekolah masing-masing. Hal tersebut dikarenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia tahun ajaran 2022/2023 ini semakin berkembang. Dengan adanya aplikasi CBT (Computer Based Test) yang sudah diperbarui oleh Direktur KSKK Madrasah, semakin membuat calon peserta didik aman dan nyaman dalam pelaksanaannya meski di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, aplikasi CBT (Computer Based Test) yang sudah diperbarui ini memberikan proteksi lebih banyak, sehingga dapat mengurangi kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh peserta didik,” terang beliau.

Meski secara keseluruhan pelaksanaan tes CBT (Computer Based Test) SNPDB MAN Insan Cendekia berjalan dengan sukses dan lancar, tetapi ada beberapa kendala yang ditemukan. Salah satu kendalanya adalah pemasangan aplikasi CBT (Computer Based Test) pada komputer atau laptop calon peserta didik.

“Namun, ada beberapa kendala yang kami temui. Kendala paling banyak ditemui terkait dengan peserta didik yang belum berhasil memasang aplikasi sampai aplikasi berjalan dengan baik. Karena aplikasi yang digunakan akan dapat berjalan jika tidak ada satu pun aplikasi lain yang sedang berjalan di komputer atau pun laptop. Akan tetapi, kendala-kendala tersebut dapat ditangani oleh teknisi kami, sehingga tidak ada masalah yang fatal bagi calon peserta didik MAN Insan Cendekia Serpong. Semoga dengan terlaksananya tes CBT (Computer Based Test) SNPDB MAN Insan Cendekia tahun ajaran 2022/2023 dapat menghasilkan peserta didik yang memang diharapkan masuk di MAN Insan Cendekia Serpong,” tutup Bapak Darno.