Penilaian Akhir Semester (PAS)

Penilaian Akhir Semester (PAS)

Senin, 9 Jan 2023 1679 view

Oleh: Ady Afif Cahyafatih XI IPS 1

 

Memasuki masa Penilaian Akhir Semester Ganjil, siswa-siswi MAN Insan Cendekia Serpong dilanda berbagai kesibukan. Dimulai pada tanggal 21 November 2022, Penilaian Akhir Semester atau yang biasa disingkat menjadi PAS mengharuskan siswa-siswi untuk menonaktifkan segala kegiatan organisasi, ekstrakurikuler, klub, kepanitiaan event, dan kegiatan-kegiatan non akademik lainnya agar bisa fokus dalam menghadapi PAS. Hal ini menyebabkan ditundanya berbagai kegiatan ekskul, klub, dan bahkan beberapa job kepanitiaan event. Para murid bisa melanjutkan semua itu ketika masa PAS sudah berakhir.

Menghadapi PAS, tentunya siswa-siswi juga disibukkan dengan hal akademik. Bagi yang belum menuntaskan tugas, ulangan harian, maupun penilaian lainnya, mereka harus segera menuntaskannya sebelum PAS dimulai. Tak hanya itu, para murid harus mempelajari kembali materi selama satu semester ini untuk menghadapi PAS.

Untuk menyiapkan datangnya PAS, para murid harus mempersiapkan materi selama satu semester ini. Mereka bisa meminta bantuan guru mata pelajaran tertentu untuk memberikan pembelajaran tambahan di luar KBM untuk persiapan PAS. Beberapa guru juga memberikan kisi-kisi untuk PAS. Tak hanya itu, OSIS Divisi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) juga memiliki program kerja The Force yaitu sebuah rangkuman untuk setiap mata pelajaran yang membantu siswa-siswi dalam menghadapi PAS. IPTEK juga memberikan sarana untuk siswa-siswi saling membantu satu sama lain dalam belajar menghadapi PAS. Teaching berupa sebuah kelas kecil, agar murid yang ahli dalam suatu mata pelajaran tertentu bisa membantu memberikan penjelasan ekstra kepada murid-murid lainnya yang belum memahami materi tertentu. Hanya itu program kerja OSIS yang tetap aktif meski dalam masa PAS.

PAS dilaksanakan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). Para murid diharuskan menggunakan laptop untuk mengikuti PAS. Dengan menggunakan sistem ini, ujian diharapkan dapat berjalan dengan lebih efisien. Proses ujian juga dilakukan secara ketat oleh guru pengawas. Sistem CBT yang menggunakan Safe Exam Browser (SEB) tidak membiarkan para murid untuk membuka tab lain selama proses ujian berlangsung. Untuk keluar dari software SEB, diperlukan password yang hanya diketahui oleh guru pengawas saja. Laptop siswa diperbolehkan keluar dari software SEB setelah proses ujian pada hari itu telah selesai semua.

Bagi siswa-siswi yang mendapat nilai akhir dibawah KKM madrasah, mereka harus mengikuti Semester Pendek (SP). Semester Pendek ini dilakukan dalam kelas-kelas yang lebih kecil dalam bentuk pembinaan dan ujian

Berikut beberapa kesan pesan dan perasaan yang dialami siswa-siswi MAN IC Serpong mengenai PAS:

“Khawatir hasilnya ga sesuai harapan, apalagi hasilnya langsung bisa diliat kan. Tipsnya jujur. Apapun hasilnya kalau kita berusaha dengan jujur akan lebih tenang dan insyaallah berkah juga. Karena yang penting itu usahanya, ga cuma hafal, tapi paham. Ga lupa juga untuk selalu berdoa, serahkan hasilnya sama Allah dan minta doa dari orang tua, karena ini ngaruh bangeet. Tetep semangat semuaa, semoga mendapat hasil yang terbaik!”

~ Alifia Nasya Fadilah, Paralel 1 Jurusan IPS (XI IPS 1) ~

 

“Perasaan aku ketika ngehadepin PAS ya pasti lumayan tegang. Karena aku berharap kalau nilai-nilai UH ku yang ngepas bisa di-carry sama nilai-nilai PAS. Mungkin ada beberapa pelajaran yang alhamdulillahnya kaya begitu. Tapi ada juga sebagian yang malah lebih anjlok di PAS, hahaha. Tapi alhamdulillah, yang penting udah usaha sih. Aku gamau ngasih tips sih, soalnya ga ada. Mungkin ngasih saran aja. Aku rasa, aku dan anak IC lainnya pasti udah usaha semaksimal itu sih. Cuman, minusnya dari kita, kadang ada di bagian doa sama optimismenya. Jadi, kalau mau lebih sukses, mungkin di bagian ibadahnya bisa lebih dikencengin lagi, terutama tahajud. Tapi sayangnya aku masih suka bablas tahajud, hehehe. Jadi ya ini sekalian reminder juga buat aku, dan buat temen-temen semua”

~ Sofie Rizqa Wiranegara (XI IPS 2) ~

 

“PAS kali ini jujur kerasa jauh lebih berat dari sebelumnya karena banyak banget materi yang baru kita pelajarin di kelas 11, ditambah lagi aktivitas non akademik yang padet bikin rada keteteran alhasil lumayan bikin stres sih wkwk, tapi yaa yang penting selama PAS tetep usaha dulu, atur mindset biar ga panik kalau ada nilai yang di bawah kkm, terus jujur tetep harus yang utama, urusan hasil itu belakangan dan disyukurin aja :D”

~ Naura Farah Taqiya (XI MIPA 3) ~

 

“Sebelum ujian PASrah, saat ujian semoga PAS-PAS an, setelah ujian PASti SP.”

~ Fadil Saputra (XI MIPA 5) ~

 

“PAS was going to be tough, so I needed to make some hard decisions to keep my head afloat. The hard one was to take time off doing my favourite hobby, which is studying informatics. There other things but this to me was the toughest one. Before PAS, I felt that it was not going to be easy, but I was still confident that I can do good so long as I play my cards right. As PAS was happening, I tried not to look at my grades regardless if I felt like I got good/bad results. I did this so I don’t have to deal with comparing myself to others, because it can be mentally exhausting. I tried to keep a neutral feeling so that I can focus on the next day’s exam. After PAS, it felt good, not for long though, there was KTI. But after KTI, it really felt good. I treated myself by doing my favourite hobbies again and enjoyed the rest of my time.”

~ Zendy Zainuddin (XI MIPA 1) ~