Rangkaian Sosialisasi SNPDB MAN Insan Cendekia Serpong Tahun 2022

Rangkaian Sosialisasi SNPDB MAN Insan Cendekia Serpong Tahun 2022

Kamis, 24 Feb 2022 9957 view

Pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia Serpong sudah resmi ditutup tanggal 14 Februari 2022. Berdasarkan data yang dihimpun oleh tim verifikasi, tahun ini ada 3.019 orang calon peserta didik yang mendaftar ke MAN Insan Cendekia Serpong. Dari jumlah tersebut tereliminasi 442 orang dikarenakan sebanyak 331 orang tidak menyelesaikan pendaftaran dan 111 orang dinyatakan tidak lulus seleksi berkas. Sebanyak 2.577 orang calon peserta didik dinyatakan lolos seleksi administrasi berkas dan 14 orang diantaranya merupakan calon peserta didik jalur prestasi. Dengan demikian sebanyak 2.563 orang calon peserta didik bisa melanjutkan proses berikutnya, yaitu mengikuti CBT (Computer Based Test) pada hari Sabtu s.d Minggu, tanggal 26 s.d 27 Februari 2022.

Rangkaian penerimaan peserta didik baru MAN Insan Cendekia Serpong diawali dengan sosialisasi SNPDB secara nasional. Tim Sosialisasi SNPDB bertugas untuk memberikan sosialisasi terkait pendaftaran MAN Insan Cendekia se-Indonesia pada umumnya dan MAN Insan Cendekia Serpong khususnya.

Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, sosialisasi SNPDB MAN Insan Cendekia Serpong tahun ini berjalan sukses dan lancar serta dengan jangkauan informasi yang bisa diakses hampir setiap saat. Website madrasah, sambungan telpon madrasah hingga akun media sosial seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp menjadi media tim sosialisasi untuk memberikan informasi yang tepat sasaran. Selain itu tahun ini berbagai inovasi sosialisasi SNPDB juga dilakukan.

Ibu Yuna Puteri Kadarisman selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas dan Pengembangan SDM mengambil kebijakan untuk mengadakan sosialisasi SNPDB secara daring dan luring. Hal tersebut dilakukan agar sebaran informasi terkait SNPDB MAN Insan Cendekia Serpong dapat tersampaikan secara luas kepada masyarakat.

“Tahun ini kita mengadakan sosialisasi secara luring dan daring. Sekolah atau madrasah yang mau kita (tim sosialisasi) datangi mengisi form secara online kemudian kita jadwalkan. Bagi yang mau hadir daring kita fasilitasi via zoom setiap hari Selasa dan Kamis pukul 08.00 s.d 10.00 WIB,” jelas beliau. Dengan banyaknya pilihan metode sosialisasi yang bisa diikuti oleh calon peserta didik, alhamdulillah setiap harinya sosialisasi via zoom selalu ramai peserta selama masa sosialisasi. Tidak hanya diikuti oleh calon peserta didik, sosialisasi daring tersebut juga banyak diikuti oleh orang tua siswa dan mereka sangat antusias bertanya detail tentang MAN Insan Cendekia Serpong.

Selain itu tim sosialisasi SNPDB MAN Insan Cendekia Serpong juga berkesempatan sosialisasi tatap muka di bulan Januari ke madrasah atau sekolah yang berada di Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat hingga Yogyakarta. Sosialisasi luring tersebut dimulai dari MTsN 10 Jakarta, yang dihadiri oleh Kelompok Kerja Madrasah (KKM) se-Jakarta Barat. Berikutnya tiga madrasah di Provinsi Banten juga didatangi oleh tim sosialisasi SNPDB. MTsN 1 Pandeglang, MTsN 1 Kota Serang dan MTsN 2 Pandeglang yang juga menghadirkan orang tua calon peserta didik MAN Insan Cendekia.

Sosialisasi luring juga dilakukan di dua sekolah swasta di Tangerang yaitu MTs Plus Asy-Syukriyyah Cipondoh Tangerang dan SMP Al Fatih Tangerang. “Semangat mereka sangat luar biasa kita datangi. Sangat antusias untuk ke IC,” ungkap Pak Yus Kusnandar selaku tim sosialisasi yang bertugas ke beberapa sekolah atau madrasah untuk sosialisasi seputar SNPDB dan Insan Cendekia.

Dua lokasi berikutnya adalah MTsN 3 Bekasi dan MTsN 1 Yogyakarta. Sosialisasi SNPDB di MTsN 1 Yogyakarta dihadiri oleh KKM MTs se-Yogyakarta. Kurang lebih terdapat 15 madrasah yang berpartisipasi menghadiri sosialisasi seperti madrasah-madrasah yang berada di Gunung Kidul, Sleman, Kulon Progo, dan Bantul.

“Dengan sebaran informasi yang luas, pilihan akses yang banyak, serta kerja sama tim yang solid dan informatif dalam sosialisasi SNPDB, alhamdulillah sosialisasi tahun ini berjalan dengan lancar dan sukses. Selamat kepada calon peserta didik yang sudah lolos pemberkasan. Dan terima kasih kepada tim sosialisasi. Berkah pahala untuk semua,” tutup Ibu Yuna.