Siswa MAN IC Serpong Raih Perak di International Biology Olympiad

Siswa MAN IC Serpong Raih Perak di International Biology Olympiad

Minggu, 16 Agu 2020 5633 view

Jakarta:  Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong meraih medali perak pada ajang International Biology Olympiad (IBO) Challenge. Kompetisi ini berlangsung secara daring, 7-13 Agustus 2020.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, A. Umar mengatakan, dalam situasi pandemi covid-19 seperti saat ini siswa madrasah terus mencetak prestasi, bahkan hingga tingkat dunia.

Alhamdulillah, delegasi MAN IC Serpong yang tergabung dalam Tim Olimpiade Biologi Indonesia ikut mengharumkan nama bangsa. Farrel Alfaza Marsetyo, Siswa MAN IC Serpong, Banten, berhasil meraih medali perak,”¬†kata Umar, di Jakarta, Rabu, 26 Agustus 2020.

Menurut Umar, selain Farrel, ada satu siswa SMA lagi yang meraih perak, dan dua siswa SMA raih perunggu. Hasil lomba diumumkan pada 24 Agustus 2020 sore melalui laman IBO Challenge 2020.

Umar menjelaskan, keikutsertaan Farrel di IBO Challenge setelah melalui seleksi berjenjang oleh Kemendikbud dan Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI). Seleksi itu dilakukan dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Seleksi nasional berlangsung sejak 2019 di Manado.

Kompetisi IBO meliputi tes teori dan tes praktikum. Keduanya dilaksanakan secara daring. Sistem penilaian berdasarkan pada bobot yang sama antara tes praktikum dan tes teori.

“Selamat dan semoga ini memotivasi siswa madrasah lainnya untuk berprestasi sesuai bidang minat dan bakatnya,” harap Umar.

(CEU)

 

https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/ZkeBjBvK-siswa-man-ic-serpong-raih-perak-di-international-biology-olympiad