Siswa MAN Insan Cendekia Serpong Raih 8 Medali di KSN dan KSM Tingkat Nasional

Siswa MAN Insan Cendekia Serpong Raih 8 Medali di KSN dan KSM Tingkat Nasional

Rabu, 17 Nov 2021 731 view

Tangerang Selatan- Para siswa dari Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong berhasil menyabet 8 medali dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional. Dua peraih medali emas dalam KSM Tingkat Nasional yaitu Rifkanissa Azzahra di bidang Ekonomi dan Azza Mumtaza di bidang Geografi. Tiga medali perak diraih oleh Maritza Gantari pada bidang Kimia, lalu Dhani Eka Ivantio di bidang kebumian, dan Syauqi Nawawi di bidang Astronomi. Selanjutnya, 3 medali perunggu diraih oleh Muhammad Ezra S di bidang Kimia, kemudian Wafi Haidi di bidang Kebumian, dan Rahma Nur Jannati di bidang Astronomi. Ada 2 murid yang berhasil tembus final KSN yaitu M. Enrizky Brillian S di bidang Matematika, dan Azza Mumtaza di bidang Geografi.

Wakil MAN IC Serpong bidang Kesiswaan, Ibu Fatri Amida mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kerja keras dari para siswa yang berhasil mengharumkan nama madrasah terbaik nomor 1 se-Indonesia versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahun 2021 ini. Menurut Bu Fatri yang akrab dipanggil Bu Ipat, sebagai bentuk apresiasi, pihaknya mengajak para siswa peraih medali di KSN dan KSM ini berlibur ke Pantai Karang Bolong, Anyer. Yang kemudian diberikan sambutan meriah dengan memberikan bunga mawar.

“[Apreciation Day] Dalam rangka memberikan apresiasi utk siswa peraih medali dan finalis pada kegiatan Kompetisi Sains Madrasah dan Kompetisi Sains Nasional. Setelah lelah mempersiapkan diri, hari sabtu mereka diajak refreshing ke Karang Bolong. Lalu menyambut mereka di lorong sekolah lantai 1 dan lantai 3, dengan memberikan bunga mawar, yang di sampaikan oleh guru pembimbing,” ungkapnya di MAN IC Serpong, Kota Tangerang Selatan, Senin (15/11/2021).

Bu Ipat menjelaskan, para siswa peraih medali di KSN melanjutkan perjalanan menuju Pelatihan Nasional (Pelatnas) dan akan dilakukan tes secara bertahap, untuk kembali berkompetisi agar bisa menjadi wakil Indonesia pada kompetisi sains tingkat Internasional. “Untuk yang KSN peraih medali lanjut ke Pelatnas menuju internasional, yang akan dites bertahap,” ungkapnya.

Maka dari itu, Bu Fatri berharap, para siswa yang berhasil meraih medali di KSN agar tak berpuas diri dengan hasil yang baru saja didapatkan, perjalanan masih sangat panjang, para siswa harus lebih semangat lagi untuk lolos hingga ke tingkat internasional. “Mereka [para siswa, harus] lebih semangat lagi, supaya lolos [pelatihan] sampai ke tingkat internasional,” terangnya.

Bu Fatri menjelaskan, peraih medali pada KSN dan KSM tingkat Nasional ini telah dilatih rutin oleh guru pembimbing setiap hari kamis. Lanjutnya, untuk persiapan kompetisi sains tingkat kota, provinsi, dan nasional pihaknya telah menyiapkan bimbingan teknis dari para narasumber yang berasal dari praktisi, dosen, dan alumni.

“Guru membimbing mereka secara rutin setiap kamis dan untuk persiapan tingkat kota, provinsi dan nasional, ada [bimbingan atau pelatihan teknis] Bimtek yang narsumnya berasal dari praktisi, dosen, dan alumni,” ungkapnya.

Bu Fatri mengatakan, bagi para siswa yang lain harus lebih semangat lagi belajarnya, agar bisa mendapatkan prestasi yang sama atau bahkan lebih baik lagi daripada teman atau kakak angkatannya. “Lebih semangat lagi mengikuti KBS (Klub Bidang Studi), supaya bisa mendapatkan prestasi yang sama dan lebih baik lagi dari teman atau kakak [angkatan] nya,” tutupnya.