MAN Insan Cendekia Serpong

Home » Keasramaan

Keasramaan

Kurikulum Keasramaan

Kurikulum pembinaan keasaramaan disusun untuk menunjang tumbuhnya ruh keagamaan peserta didik. Kurikulum tersebut meliputi: pembinaan salimul aqidah, shohihul ibadah dan akhlakul karimah.

Penilaian kegiatan peserta didik di asrama didasarkan pada prinsip obyektif, terpadu, transparan, terukur dan edukatif. Penilaian dilakukan pada setiap berlangsungnya kegiatan di asrama. Penilaian meliputi ranah kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan.

Untuk lebih menjamin perkembangan peserta didik dalam menjalani kehidupan berasrama, diperlukan pendampingan. Pendampingan  tersebut dilakukan dalam bentuk program guru asuh. Guru asuh berperan sebagai pengganti orang tua di madrasah.

Standar Kompetensi yang ditargetkan dalam Pembinaan Asrama adalah sebagai berikut:

Terwujudnya siswa yang berkepribadian Islami, memiliki landasan akidah yang kuat, istiqamah dalam beribadah, berakhlakul karimah, dan mampu berkomunikasi dalam bahasa internasional, dengan indikator-indikator sebagai berikut:

  • Siswa memiliki pemahaman akidah islamiyah yang benar dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Siswa memiliki pemahaman tentang al-Quran dan Hadis dan mampu bersikap dan berperilaku sesuai ajaran al-Quran dan Hadis.
  • Siswa memiliki pemahaman tentang ibadah dan muamalah yang benar dan mampu mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Siswa memiliki pemahaman tentang sejarah dakwah Rasulullah saw. dan para sahabat, keunggulan peradaban Islam serta kemajuan ilmu pengetahuan di dunia Islam.
  • Siswa memiliki kemampuan berbahasa internasional baik dalam bacaan, tulisan, maupun percakapan/komunikasi.
  • Siswa memiliki kemampuan melaksanakan ibadah fardlu ‘ain, fardlu kifayah, dan amalan-amalan sunnah.
  • Siswa memiliki pengalaman yang integratif dalam sistem pengajaran dan pembinaan kehidupan sosial dan keagamaan.

 

Terwujudnya  kepribadian  dan  lingkungan yang Islami serta kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing, dengan indikator-indikator sebagai berikut:

  • Terciptanya praktek kehidupan Islami di Kampus MAN Insan Cendekia.
  • Penggunaan bahasa internasional dalam suasana akademik dan pembinaan kehidupan keagamaan sehari-hari.