MAN Insan Cendekia Serpong

Home » Jurnal Ilmiah Cendekia 5

Jurnal Ilmiah Cendekia 5

Pengantar untuk Jurnal Cendekia 5

Alhamdulillah Jurnal Ilmiah Cendekia Volume 2 Nomor 2 atau Edisi Kelima dapat hadir kembali menemui pembaca dan pemerhati. Edisi Kelima mengangkat beberapa kajian menarik di antaranya adalah tulisan yang mengupas tentang muatan/materi  ajar (content), strategi pembelajaran, pendidikan karakter, madrasah dan pendidikan Islam, tokoh dan tafsir.

Tulisan pertama yang mengupas tentang muatan/materi ajar adalah tentang “Teks News Item”  dalam pelajaran Bahasa Inggris kemudian dilanjutkan dengan tulisan tentang “Pengajaran Puisi” dalam pelajaran Bahasa Indonesia.  Karya tulis yang mengupas tentang strategi pembelajaran hadir dalam dua tulisan yaitu tentang pemanfaatan media kincir kata dan strategi pembelajaran inquiry dan media sosial. Adapun kajian tentang pendidikan dan keislaman mengupas tentang “Dinamika dan Eksistensi Madrasah”, kompetensi juru dakwah, dan tafsir Al-Qur’an terkait dengan syari’ah Islam.

Yang menarik, selain karya tulis di atas, pada Edisi Kelima ini hadir kajian tentang Pendidikan Karakter. Dua tulisan tentang Pendidikan Karakter ini menjadi lebih menarik dengan hadirnya tulisan tentang sosok yang begitu berpengaruh di dunia Islam yaitu tulisan tentang Imam Hanafi dilihat dari sudut pendidikan.

Salam edukasi. (iede)

Daftar Isi JIC 5