humas@ic.sch.id
021-7563578

Perjuangkan Nasionalisme dengan Budaya Kebanggan Indonesia

img

Perjuangkan Nasionalisme dengan Budaya Kebanggan Indonesia

4 October 2023 112      429

Gerakan pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia pada 30 September 1965 menjadi kenangan sendu bagi segenap bangsa atas melayangnya nyawa para nasionalis pejuang Indonesia makmur nan jaya. Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah bangsa ditegaskan kembali sebagai kesaktian yang harus menjadi paham utama dari segala persoalan negara, termasuk sebagai solusi sekaligus peringatan terjadinya gerakan kontra tak terencana di hari lalu.

Setiap tanggal 1 Oktober, Hari Kesaktian Pancasila diperingati sebagai bentuk kesadaran bangsa bahwa Pancasila masih setia menemani kehidupan Indonesia dari segala aspek. Turut memperingati hari kebangsaan tersebut, MAN Insan Cendekia Serpong juga menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Senin, 2 Oktober 2023. Meskipun dilaksanakan pada lebih satu hari dari yang seharusnya, suasana upacara masih tetap bergelora dengan jiwa-jiwa Pancasila seluruh civitas MAN Insan Cendekia Serpong. 

Kemeriahan upacara tersebut semakin bertambah dengan gradasi busana peserta upacara. Batik, ciri khas busana bangsa Indonesia dengan beragam motif dan warnanya dikenakan serentak seraya memperingati Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober ini. Hal ini juga menjadi salah satu momen unik karena seluruh siswa-siswi belajar di Gedung Pendidikan menggunakan pakaian batik yang tidak seragam dengan siswa lainnya sebagaimana pada hari normal sekolah.

Upacara berjalan dengan khidmat sebagaimana mestinya, dengan susunan acara yang tidak berubah banyak dari upacara biasanya. Lantangan nyanyian Garuda Pancasila oleh tim Choir Cendekia terdengar nyaring dan membuat semangat semakin menggebu-gebu. Ditambah amanat dari Kepala Madrasah, Bapak H. Abdul Basit yang memberikan beberapa patah kata motivasi kepada para siswa setiap angkatan. “Adaptasi merupakan hal terpenting bagi kelas 10 yang belum genap menjalani satu semester kehidupan di IC. Sementara kelas 11, ini merupakan fase kritis bagi kalian, jadi kuatkan solidaritas dan semangat sesama teman, terlebih satu angkatan. Dan untuik kelas 12, masa depan ada di depan mata, banyak-banyak belajar serta patuhi selalu tata tertib yang ada.”