humas@ic.sch.id
021-7563578

Sepuluh Pembina Pramuka MAN IC Serpong Tingkatkan Kompetensi Melalui Kursus Mahir Lanjutan (KML)

img

Sepuluh Pembina Pramuka MAN IC Serpong Tingkatkan Kompetensi Melalui Kursus Mahir Lanjutan (KML)

2 June 2024 36      170


Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan atau biasa disebut KML adalah penempaan diri seorang pembina pramuka dalam pendidikan dan pelatihan tentang kepramukaan. Selain sebagai syarat sebagai tenaga pendidik dalam gerakan pramuka, KML merupakan jenjang tertinggi bagi pembina pramuka. Tujuan KML tentu memberikan bekal pengetahuan, wawasan, dan pengalaman praktis dalam membina peserta didik di gugus depannya.

MAN Insan Cendekia Serpong melalui bidang kesiswaan memberikan kesempatan kepada para pembina pramuka untuk mengikuti kegiatan KML yang diadakan oleh Kwartir Ranting Serpong. Lantas kesempatan tersebut tak disia-siakan oleh para pembina, sepuluh pembina pramuka MAN IC Serpong mengikuti Kursus Mahir Tingkat Lanjutan (KML) tersebut. Wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, Erwin Supriatna, menegaskan perlu adanya tambahan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kemampuan para Pembina pramuka MAN IC Serpong.

“Pembina pramuka MAN IC Serpong sudah melaksanakan KMD pada 2021 silam, maka perlu adanya upgrade pengetahuan dan keterampilan Pembina pramuka, salah satunya melalui Kursus Mahir Lanjutan atau KML.” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan kursus ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kualitas para pembina pramuka MAN Insan Cendekia Serpong. Harapannya, KML yang diadakan oleh kwartir ranting Serpong ini dapat menghasilkan Pembina yang lebih kreatif, berpikir kritis, dan solutif dalam memecahkan masalah.

“Semoga KML yang diikuti pembina pramuka di MAN Insan Cendekia Serpong dapat menghasilkan insan atau pembina yang kreatif, berpikir kritis, dan solutif dalam permasalahan yang ada di madrasah khususnya dan masyarakat umumnya.” tutup wakil kepala madrasah bidang kesiswaan.

Penyelenggaraan KML adalah kewenangan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka yang berhak memberikan materi pelajaran secara teori maupun praktik, sehingga peserta memperoleh sertifikat atau ijazah sebagai tanda bukti menjadi pembina pramuka. Kurikulum penyelenggaraan KML adalah bersumber dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang memuat 70 jam Pelajaran sesuai Keputusan Kwarnas Nomor 48 Tahun 2018.

Kamis, 23 Mei 2024 dimulainya Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) golongan penggalang dan penegak bersama Pusdiklatcab Kota Tangerang Selatan. Kegiatan KML tersebut berlangsung selama 6 hari dengan durasi waktu 70 jp. Kapusdiklatcab Kota Tangerang Selatan, Kak Herri, menyerahkan tunggul pelatihan kepada Kak Sutikyono selaku pimpinan kursus. Penyerahan tunggul pelatihan tersebut menandakan dimulainya Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) golongan penggalang dan penegak. 

Peserta KML adalah para pembina pramuka di Kecamatan Serpong yang telah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar. Adapun tim pelatih adalah para narasumber profesional gerakan pramuka dari pudiklatcab, pusdiklatda, dan pusdiklatnas. Terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan KML ini, kepada tim pelatih yang luar biasa, terima kasih atas transfer ilmu pengetahuannya kepada para peserta KML kwartir ranting Serpong. 

Kegiatan berakhir pada 1 Juni 2024, penutupan kegiatan KML dihadiri oleh Kapusdiklatcab Kota Tangerang Selatan, Kak Mabiran Kwaran Serpong, dan Kakwaran Serpong. Penutupan kegiatan KML tersebut diakhiri dengan pengumuman peserta KML terbaik dari tingkat penggalang (terbaik putra dan putri) serta tingkat penegak (terbaik putra dan putri). Pembina pramuka putra MAN Insan Cendekia Serpong, Kak Chairul Huda, berhasil mendapatkan predikat sebagai peserta KML Putra terbaik tingkat penegak. Selain itu, pembina pramuka putri MAN Insan Cendekia Serpong, Kak Nurhayati, juga berhasil mendapatkan predikat sebagai peserta KML putri terbaik tingkat penegak.

Semoga dengan berakhirnya kegiatan KML tersebut, dapat menambah pengetahuan, wawasan, juga pengalaman para pembina dalam mengemban tugas dan amanah membina adik-adik pramuka serta mengelola gugus depan dengan lebih baik lagi.