humas@ic.sch.id
021-7563578

MENGHIDUPKAN SUNNAH MENYEGERAKAN BUKA PUASA

img

MENGHIDUPKAN SUNNAH MENYEGERAKAN BUKA PUASA

27 March 2024 32      49

Setiap hari, selama bulan suci Ramadhan, para siswa dan siswi di MAN Insan Cendekia Serpong berkumpul bersama teman satu angkatannya untuk berbuka puasa bersama yang bertempat di area masjid Ulil Albab. Suasana syahdu ini tercipta untuk membuat kenangan Ramadhan menjadi sesuatu yang indah dan penuh kebersamaan.


Selain itu, Ada sebuah hadits yang menganjurkan kita untuk menyegerakan berbuka puasa dan tidak menunda nundanya.

وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ الله عنه أن رسُوْل الله صلى الله عليه وسلم قال : لا يَزَالُ الناس بِخَيْرٍ ما عَجَّلُوا الْفِطْر

(رواه بخارى ومسلم)

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.”

(HR. Bukhari Muslim)

 

Maka momen berbuka puasa bersama ini, semoga juga mengandung kebaikan yang banyak dan penuh keberkahan. Para siswa akan berkumpul bersama teman-teman angkatannya untuk menikmati ta’jil yang sudah disiapkan oleh pihak kantin Madrasah. Setiap hari, ada jadwal piket kelas yang bertugas mengatur distribusi ta’jil berdasarkan angkatannya dan memastikan semua siswa mendapat jatah ta’jilnya masing-masing. Disini para siswa belajar untuk mandiri beraktivitas dan juga peduli dengan yang lainnya sehingga tidak fokus memikirkan diri sendiri.


Banyak sekali aspek pembelajaran lain dari kegiatan sederhana ini, mulai dari membangun kebersamaan angkatan, bersyukur dengan menu apapun yang disediakan serta belajar bertanggung jawab saat mendapat giliran piket untuk menyiapkannya dan membersihkan peralatan dan perlengkapan yang sudah digunakan.

Sebelum berbuka, mereka akan berdoa bersama dulu untuk memohon keberkahan dari makanan yang disantap. Setelah berbuka, kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan shalat maghrib secara berjamaah. Dengan adanya kegiatan buka bersama di area masjid, memudahkan mereka dalam shalat maghrib berjamaah sehingga tidak perlu waktu untuk berpindah tempat yang terlalu jauh. Suasana kebersamaan yang membuat terharu ini, semoga menjadi kenangan indah pada momen hidup mereka di sekolah berasrama di MAN Insan Cendekia Serpong.

-Ramadhan 1445 H-