humas@ic.sch.id
021-7563578

Pembukaan Matsama Al-Lail

img

Pembukaan Matsama Al-Lail

17 July 2023 70      326

Hari pertama tahun ajaran baru 2023-2024, Senin 17 Juli 2023, di MAN Insan Cendekia Serpong dimulai dengan upacara bendera. Kegiatan itu berlangsung dari jam tujuh sampai dengan jam delapan diikuti oleh seluruh civitas termasuk siswa, tenaga pendidikan dan kependidikan dengan pembina upacara Bapak Kepala Madrasah.

Para siiswa berdiri berbaris di depan masjid, sedangkan para tenaga pendidik dan kependidikan berdiri di sebelah kanan mereka tepat di depan Gedung RKB. Upacara berlangsung sangat hikmat mulai dari menaikan bendera diiringi dengan menyanyikan lagu Indonesiia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila dan pembukaan UUD 1945. Setelah itu Bapak Kepala memberikan amanahnya, dan ditutup dengan pembacaan doa.

Setelah upacara bendera selesai kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau lebih dikenal dengan Matsama. Pada pembukaan ini Bapak Kepala Madrasah menyematkan atribut kegiatan kepada perwakilan siswa putra dan putri kelas X yaitu Muhammad Rizqi Daffa Maulidan dan Sarah Mutia Hendrawan. Kedua siswa ini dipakaikan topi dan tas matsama yang berwarna ungu gelap sesuai dengan temanya Al-Lail. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan siswa berprestasi akademik.

Insya Allah matsama Al-Lail akan berlangsung selama lima hari ke depan dengan menghadirkan berbagai narasumber di berbagai bidang yang terkait. Sebelumnya kegiatan siswa pada hari Sabtu dan Ahad adalah pengenalan lingkungan kampus oleh panitia dan kemudian siswa diberi kesempatan untuk merapihkan kamar dan barang barang bawaan mereka di asrama.

Kegiatan hari pertama akan difokuskan pada pembukaan dan pengenalan profil madrasah, serta puspresnas. Pada hari ke dua akan diisi dengan kegiatan pertemuan dengan wali kelas, tim kediisiplinan, dan Bimbingan Konseling. Pada hari ketiga siswa baru akan berjumpa dengan alumni IAIC dan melakukan anjangsana pada civitas, ditambah dengan acara pembentukan karakter.  Hari keempat adalah outbond, sedangkan hari kelima atau hari terakhir adalah dinamika angkatan dan penutupan.

Kegiatan Matsama Al Lail pada tahun ini diketua oleh Pak Adrian, dibantu oleh tim dan pengurus OSIS serta berada dibawah koordinasi bidang kesiswaan. Alhamdulillah mereka sudah menyiapkan dan melakukan evaluasi secara terus menerus untuk keberlangsungan dan kelancaran kegiatan, mulai dari hari pertama sampai nanti hari kelima. (AI).