humas@ic.sch.id
021-7563578

Hafidzah Pertama dari Angkatan 26 AZKARA

img

Hafidzah Pertama dari Angkatan 26 AZKARA

10 June 2023 89      711

Alhamdulillah pada hari Kamis tanggal 18 Mei 2023, sejarah baru telah ditorehkan oleh siswi angkatan 26 atau AZKARA bernama Aqila Nuriya kelas XII IPS yang berhasil menyelesaikan setoran Al-Quran full 30 juz dengan dibimbing oleh musyrifah Ustadzah Natsa Shifaul Hazumi. Proses perjalanan panjang selama 3 tahun akhirnya terbayar dengan indah. Dengan padatnya aktivitas akademis maupun organisasi dan aneka lomba olimpiade maupun lomba lainnya, Aqila berhasil mengatur waktunya dengan baik, sehingga akhirnya tiga minggu menjelang wisuda, selesai juga hafalan Al-Quran 30 juz.

Menurut Aqila, aktivitas menghafal Al-Quran dimulai sejak usianya 4 tahun saat belajar ngaji di TPA, dilanjutkan saat SD, dengan belajar pada guru ngaji yang dipanggil ke rumah, sambil memperbaiki bacaan, Aqila bisa menyelesaikan 2 juz saat lulus SD. Dilanjutkan saat SMP, Aqila bisa menyelesaikan hafalan sebanyak 16 juz, dan saat di MAN Insan Cendekia Serponglah, akhirnya Aqila bisa menyelesaikan seluruh hafalan Al Qur’an nya. Padahal Aqila juga sibuk dengan pelatihan dan persiapan lomba olimpiade ekonomi, tapi dengan pertolongan Allah dan perjuangan serta kesungguhannya, selesai juga menghafal 30 juz Al Qur’an. Tapi terdorong dari keinginan untuk memberikan mahkota pada orangtuanya di surga nanti, Aqila pun semangat untuk menyelesaikan hafalan Al-Qur’an nya.

Aqila juga menceritakan, banyak sekali manfaat yang dirasakan setelah rutin menghafal Al-Qur’an. Selain progress hafalan bertambah, juga secara akademis, bisa lebih fokus dalam mengerjakan dan mempelajari sesuatu, juga menjadi lebih terampil mengatur waktu. Memang tidak mudah dengan segudang kesibukan di IC, tapi ternyata semuanya berproses. Awalnya Aqila menghafal 1 halaman dalam 1 hari, lalu 2 jam, makin lama bisa 1 jam, dan hingga akhirnya dalam sekali duduk bisa menghafal 1 halaman. Butuh keikhlasan dan konsistensi yang tidak mudah, tapi pasti bisa jika betul betul meniatkan diri untuk Allah dan Al Qur’an.

Aqila memberikan tips dan kiat agar bisa menyelesaikan hafalan Al Quran selama studi di IC. Cukup dengan menyetorkan hafalan 1 halaman per hari, maka 1 juz bisa diselesaikan dalam 20 hari, dan sisa 10 hari dalam satu bulang bisa digunakan untuk memperlancar hafalan dan murajaah. Jika 1 juz bisa diselesaikan dalam waktu 1 bulan, maka dalam jangka waktu 30 bulan, (kurang dari 3 tahun), insya Allah bisa selesai menghafal Al-Qur’an.

Menurut Ustadzah Natsa, saat kelas X, Aqila menyetorkan juz 26-30, di kelas XI menyetorkan juz 1-10, dan sisanya diselesaikan di kelas XII, dengan memanfaatkan waktu liburan sekolah, dengan menyetorkan secara online.

Ustadzah Natsa juga memberikan quotes untuk memotivasi Aqila dan kita semua untuk menyelesaikan hafalan Al-Qur’an, yaitu “Al-Qur'an itu mudah untuk dihafal ketika kita selalu menyempatkan untuk menghafalnya bukan menunggu waktu luang untuk menghafal”

Allahummarhamna bil Qur’an. Semoga kita juga termotivasi untuk sering membaca dan kemudian menjadi bagian dari para penjaga Al Qur’an dengan cara menghafal Al-Qur’an. Aamiin

Semoga bermanfaat (EN)