humas@ic.sch.id
021-7563578

Bangun Jiwa dan Raga Lewat Program Pancasila

img

Bangun Jiwa dan Raga Lewat Program Pancasila

30 January 2024 49      324

MAN  Insan Cendekia Serpong adalah salah satu dari sekian banyak sekolah madrasah yang menerapkan Kurikulum Merdeka dalam pembelajarannya. Angkatan ke-28 (Calastra) adalah angkatan pertama di MAN Insan Cendekia Serpong yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Salah satu program dari kurikulum ini adalah adanya proyek rutin bertajuk Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau kerap disingkat P5. Angkatan ke-28 Calastra telah melaksanakan P5 sebanyak lima kali dengan tema beragam. Pada tanggal 22-26 Januari 2024 silam, angkatan ke-28, Calastra, menjalankan P5 dengan tema “Bangunlah jiwa dan raganya”.

Hari pertama P5 kelima pada 22 Januari 2024 berisi sosialisasi di Gedung Olimpiade MAN Insan Cendekia Serpong yang dipaparkan oleh para fasilitator. Kemudian acara dilanjut dengan pembagian kelompok di masing-masing kelas yang terdiri atas tujuh kelas. Masing-masing kelompok P5 dari masing-masing kelas memiliki subtemanya tersendiri dengan produk dan aksi yang beragam.

Dalam pelaksanaannya, produk/aksi hasil dari P5 kelima kali ini meliputi video kampanye, poster, pesan broadcasting lewat WhatsApp, postingan Instagram, dan banyak lainnya. Beberapa kelompok dalam P5 kelima dengan tema “Bangunlah jiwa dan raganya” kali ini juga aktif di sosial media X seperti Ara-Ara (@ayoolahRAga117) dari kelas XI-7 yang mengangkat subtema “Remaja malas olahraga di zaman modern”. Selain itu terdapat juga Guejuga (@guejugaid) dari XI-1 yang membahas terkait kesehatan mental remaja masa kini. @Sehatinsideout juga merupakan akun hasil P5 kelima yang membahas terkait kesehatan mental. Kampanye lewat Instagram salah satu contohnya adalah dengan tagar #LawanCegilDenganCegil terkait pencegahan penyakit menular dan pengendalian emosi. Poster-poster serta imbauan-imbauan berbentuk fisik juga tersebar di berbagai pelosok MAN Insan Cendekia Serpong.

Penutupan P5 kelima dengan tema “Bangunlah jiwa dan raganya” pada 26 Januari 2024 diisi dengan senam bersama yang dipandu oleh siswa MAN Insan Cendekia Serpong. Selain senam yang masuk dalam agenda P5, salah satu kelompok P5 bernama Gemayur (Gerakan Makan Sayur) dari kelas XI-7 juga menyajikan senam yang diselipkan ajakan giat konsumsi sayur. Senam diakhiri dengan operasi semut sekitar wilayah MAN Insan Cendekia Serpong dan dilanjut dengan presentasi hasil kerja P5 kelima kepada para fasilitator.

Pasca lima hari pelaksanaan, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diakhiri dengan suka cita. Harapan kedepannya agar program yang diciptakan oleh siswa-siswi tidak hanya eksis pada program P5, namun dapat berkelanjutan diterapkan baik di MAN Insan Cendekia Serpong, maupun di masyarakat umum.

Kayla Putri Nafisha - Cendekia Broadcasting Club