humas@ic.sch.id
021-7563578

Outbound Matsama 2023

img

Outbound Matsama 2023

20 July 2023 61      341

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) 2023 MAN Insan Cendekia Serpong adalah Outbound. Kegiatan itu berisi perjalanan longmarch dengan materi-materi permainan tim dan dilaksanakan outdoor di luar kampus, tepatnya di kampung atas yaitu Cadas Mapar, Serpong. Kampung itu masih sangat asri, banyak area lapang, perkebunan, dan juga tanaman tanaman besar, dengan penduduk yang ramah. Pintu masuk ke kampung ini adalah tepat di seberang gerbang madrasah, melewati jembatan Sungai Jaletreng, Taman Kota 2.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 20 Juli 2023 ini dimulai dari jam 06.30. Siswa berkumpul di lapangan upacara. Setelah seluruh peserta, yaitu siswa baru kelas X, dan panitia datang, atau kira-kira jam 7.15, kegiatanpun dimulai. Mereka mengawali dengan berdoa dan bersiap berbaris di depan gerbang madrasah, sambil meneriakan yel yel.

Dalam kegiatan ini, siswa dibagi berdasarkan kelompok. Mereka mengenakan kaos dan celana training berwarna gelap, topi serta sepatu olahraga. Kelompok-kelompok itu mempunyai nama dan yel-yel sendiri. Tampak semangat dan antusias terlihat dari wajah mereka, setelah beberapa hari sebelumnya mereka lebih banyak di dalam ruangan, sekarang mereka berkegiatan di luar.

Perjalanan outbond, yang didampingi oleh tim kesiswaan ini, melewati lima pos. Pos pertama berisi teka teki dan menghafal kalimat yang harus disampaikan kepada kak Ganang yang berada di pos terakhir. Kalimat ini sangat unik sehingga cukup sulit untuk menghafalnya. Itu tentunya menjadi tantangan tersnediri bagi mereka. Pos kedua berisi permainan tim melewati rintangan tali. Mereka harus bahu-membahu agar seluruh anggota kelompok dapat lolos. Pos ketiga, berisi permainan tim mengangkat ember dengan kaki. Pos keempat dan kelima, juga berisi permainan-permainan yang tidak kalah seru. Di tiap pos mereka harus menunjukan kerjasama dan semangat yang tinggi agar berhasil dalam melewatinya. Alhamdulillah, seluruh siswa dapat melalui dengan baik dan kegiatan selesai pada jam 11.30 sebelum waktu zuhur tiba.

Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan melatih kekompakan dan kerjasama. Itu penting sebagai salah satu modal dalam menempuh pendidikan di MAN Insan Cendekia Serpong. Di samping itu diharapkan juga siswa mengenal lingkungan sekitar kampus, terutama kampung atas Cadas Mapar dengan keramahan warganya yang akan menjadi salah satu bagian dari kehidupan mereka selama insyaAllah tiga tahun kedepan. (AI)