humas@ic.sch.id
021-7563578

Siswa Filipina di MAN Insan Cendekia Serpong

img

Siswa Filipina di MAN Insan Cendekia Serpong

8 August 2023 88      639

Pada tahun ini MAN Insan Cendekia Serpong menerima siswa tidak hanya dari dalam, tetapi juga dari luar negeri, tepatnya dari Filipina. Mereka berjumlah empat orang, terdiri dari dua putra dan dua putri, yang insyaAllah akan menjalani masa pendidikan selama tiga tahun. Mereka adalah Mus’ab, Raja, Alayka, dan Ayi. Keempatnya masuk di kelas sepuluh. Mereka tiba di kampus pada hari Jumat, 28 Juli 2023.

Kami sangat berbahagia atas kedatangan mereka, setelah sebelumnya beberapa guru luar negeri pernah mengajar di sini. Alhamdulillah siswa kami sangat antusias menyambutnya dan tidak butuh waktu lama untuk saling kenal dan menjadi akrab. Mereka berbaur bukan hanya di saat belajar di kelas, melainkan juga di asrama saat istirahat malam, dan saat berolahraga di sore hari atau akhir pekan. Mereka ikut bermain bersama, seperti dalam kompetisi bola voli untuk menyambut perayaan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus.

Salah satu program yang kami lakukan, di samping untuk memenuhi dan memfasilitasi kebutuhan mereka sehari-hari seperti makan, tempat tidur, dan alat belajar laptop, kami juga melakukan pendampingan belajar. Kebetulan saya bersama beberapa guru, ditugaskan untuk mendampingi mereka. Hampir setiap sore kami belajar bersama, bukan hanya belajar bahasa tetapi juga matematika. Ya, saat saya tanya mata pelajaran apa yang membutuhkan bimbingan, mereka kompak menjawab, matematika dan bahasa Indonesia. Program ini melanjutkan program belajar bahasa yang pernah mereka jalani sebelum tiba di kampus.

InsyaAllah dengan semangat yang tinggi, kami akan mendampingi mereka terutama untuk program belajar bahasa dan matematika selama tiga bulan ke depan. Diharapkan setelah itu, mereka bisa lebih siap untuk belajar di kelas. Itu akan menjadi pengalaman yang berharga tidak hanya untuk mereka, tetapi juga untuk kami. Pengalaman dalam belajar dan mengajar melalui lintas bahasa, negara, dan budaya, khusunya budaya Filipina.