humas@ic.sch.id
021-7563578

Aplikasi Pembelajaran Calastra di Kota Hujan

img

Aplikasi Pembelajaran Calastra di Kota Hujan

4 October 2023 71      430

Memasuki pertengahan semester, aplikasi pembelajaran menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh siswa MAN Insan Cendekia Serpong. Namun, pelaksanaan aplikasi pembelajaran pada tahun ini sedikit berbeda daripada aplikasi pembelajaran sebelumnya. Pasalnya, kali ini aplikasi pembelajaran menjadi bagian dalam rangkaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 bagi siswa kelas X dan juga kelas XI MAN Insan Cendekia Serpong yang menerapkan kurikulum merdeka.

            Pada 26 September lalu, Calastra berkunjung ke Kebun Raya Bogor dan Agribusiness and Technology Park di IPB, tempat-tempat ini disesuaikan dengan tema P5 kelas XI yang berjudul “Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI”. Harapannya, siswa dapat mengolah ilmu yang sudah didapat selama aplikasi pembelajaran ke dalam P5 kali ini.

            Perjalanan Calastra menuju Kota Hujan dimulai sejak pukul 07.30 yang diisi dengan berbagai keseruan di bus selama perjalanan. Ketika sampai di Kebun Raya Bogor, Calastra langsung disuguhi dengan rindangnya berbagai jenis tumbuhan koleksi Kebun Raya Bogor. Di tempat ini, Calastra berkeliling untuk mempelajari berbagai macam koleksi tumbuhan yang ada, mulai dari jenis paku-pakuan, perdu, hingga pohon besar. Terbagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing dari mereka memiliki caranya masing-masing dalam menikmati asrinya Kebun Raya Bogor, mulai dari berfoto bersama, membuat vlog, hingga piknik bersama.

            Setelah melaksanakan salat zuhur dan makan siang di Masjid Al Hurriyyah IPB, matahari sudah berada di atas kepala ketika Calastra bergerak menuju Agribusiness and Technology Park (ATP) yang berjarak 5 km dari pusat kampus IPB. Setelah merasakan sejuknya Kebun Raya Bogor, kali ini Calastra diajak untuk mengenal berbagai macam jenis metode budidaya tanaman, mulai dari metode organik hingga hidroponik. Sambil berkeliling dari satu greenhouse ke greenhouse lainnya, terdapat pemandu wisata yang mengupas tuntas proses budidaya sayur-sayuran dan buah-buahan yang diproduksi oleh ATP IPB, budidaya tanaman yang dilakukan ini didukung oleh berbagai inovasi yang dikembangkan oleh mahasiswa maupun tenaga pendidik IPB.

            Keseruan aplikasi pembelajaran Calastra tahun ini ditutup dengan melaksanakan salat magrib bersama di Masjid Al Hurriyyah IPB dan makan malam dalam perjalanan kembali menuju kampus MAN Insan Cendekia Serpong.

- Cendekia Broadcasting Club 23/24 -