humas@ic.sch.id
021-7563578

IC Award 2023: Temukan Potensi Tersembunyimu!

img

IC Award 2023: Temukan Potensi Tersembunyimu!

5 February 2024 10      228

Oleh: Kaisya Fairuz Afifah

 

 

IC Award atau yang biasa disingkat dengan ICW merupakan salah satu acara tahunan yang diadakan oleh OS Cendekia. Acara ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada siswa-siswi MAN Insan Cendekia Serpong yang menonjol bukan hanya dalam bidang akademik, namun dalam berbagai macam bidang yang bervariasi.

Mengusung tema Sherlock Holmes dengan tajuk “The Revealed Case”, IC Award pada tahun 2023 ini menghasilkan perubahan baru yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan total nominasi sebanyak 20 untuk para siswa-siswi dan 4 untuk para guru, IC Award 2023 membawakan nama-nama nominasi yang unik dan menarik sesuai dengan tema yang diusung. Nama-nama nominasi yang mencakup The Sherlock HolmesThe Enola HolmesThe ObservantThe EccentricThe Memory KeeperThe SuspiciousThe HunterThe InsightfulThe CommunicativeThe IndependentThe AthleticThe ShuteyeThe 1989The HilariousThe Cold-HeartedThe MachineryThe VogueThe RendezvousThe PuzzledThe Sacred, dan The Guardian berhasil membuat kemajuan dalam sejarah acara IC Award. Berslogankan “Overcome any obstacle, Uncover your true potential”, acara IC Award 2023 mencapai kesuksesannya.

Penentuan pemenang untuk setiap nominasi diseleksi melalui votingVoting dilakukan sebanyak 2 kali melalui link Google Form yang disambut dengan antusias oleh para siswa dan siswi Insan Cendekia. Pada voting tahap pertama, siswa dan siswi dipersilakan untuk mengajukan nama-nama teman seangkatannya untuk setiap nominasi. Setelah itu, nama yang terbanyak diajukan pada setiap angkatan akan dilanjutkan ke voting tahap kedua. 

Pada Selasa, 12 Desember 2023, acara puncak IC Award 2023 dilangsungkan. Acara dimulai pada pukul 20.00 WIB di gedung Pusat Pembelajaran Terpadu MAN Insan Cendekia Serpong. Acara dibuka dengan ditampilkannya Opening Video, dilanjutkan dengan hadirnya karakter Sherlock Holmes dan Enola Holmes dalam sebuah drama singkat. Setelah sambutan dari ketua pelaksana, selanjutnya adalah segmen yang paling ditunggu-tunggu oleh civitas MAN Insan Cendekia Serpong, yaitu pembacaan pemenang nominasi. Nominasi yang pertama diumumkan adalah nominasi untuk para guru, di antaranya yaitu The BenevolentThe ComedicThe Hustle and Bustle, dan The Detective

Sebelum berlanjut ke pembacaan pemenang nominasi siswa dan siswi, terdapat selingan hiburan ice breakingyang dipimpin oleh duo The HomelessIce breaking ini berupa permainan annagrams, di mana disajikan huruf-huruf acak dan para penonton diminta untuk mengurutkan huruf tersebut hingga tercipta sebuah kata yang padu. Segmen ini berhasil membuat para penonton antusias.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan pemenang nominasi siswa dan siswi. Pembacaan pemenang berlangsung dengan meriah. Di antara pembacaan pemenang-pemenang nominasi, duo The Homeless kembali hadir dalam segmen ice breaking kedua. Permainan kali ini berbeda, yaitu riddles. Penonton disuguhkan pertanyaan-pertanyaan kasus menjebak dan diminta untuk menjawabnya dengan benar. Lagi-lagi, antusiasme memenuhi penjuru gedung Pusat Pembelajaran Terpadu.

Setelah dilanjutkan dengan pembacaan seluruh pemenang nominasi, acara ditutup dengan penampilan drama singkat serta penampilan koreografi yang spektakuler. Para penonton sukses dibuat kagum dengan penampilan serta acara yang impresif. Beberapa penonton tidak langsung pergi meninggalkan gedung setelah acara selesai. Mereka mengantri panjang demi mengambil foto di photo booth yang telah disiapkan juga beragam properti unik di sana.