humas@ic.sch.id
021-7563578

Kunjungan Antar Kamar: Menjalin Keakraban Antar Angkatan

img

Kunjungan Antar Kamar: Menjalin Keakraban Antar Angkatan

7 August 2023 50      409

Pada hari Ahad tanggal 6 Agustus 2023, setelah shalat maghrib, ada pemandangan menarik di asrama MAN Insan Cendekia Serpong. Berbagai suara teriakan terdengar dari asrama putri gedung J dan Z. Teryata ada kegiatan kunjungan kamar dari kelas X putri angkatan 29 kepada kakak kelasnya kelas XI angkatan 28 atau Calastra. Kunjungan kamar ini dilakukan dari satu kamar di kelas X kepada kamar kakak kelasnya sesuai kamar yang sudah ditentukan oleh BPH angkatan.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjalin keakraban antar angkatan dan menumbuhkan silaturahmi yang kuat antara adik kelas dengan kakak kelasnya, sehingga diharapkan akan meminimalisasi konflik yang terjadi dan lebih mengenal lagi secara lebih dekat antara adik kelas dengan kakak kelasnya.

Ada fenomena yang mengharukan dari kegiatan ini. Baik adik kelas, maupun kakak kelasnya, berusaha menyambut dengan meriah dan saling memberikan makanan untuk mempersembahkan yang terbaik dalam menyambut tamu, maupun sebagai tamu. Saat saya mendokumentasikan kegiatan ini, banyak sekali makanan yang tersaji di setiap kamar, mulai dari martabak, pitza, snack dan per ciki an, plus juga aneka minuman, mulai dari susu, minuman kekikian seperti kopi, boba, teh dan lain-lain.

Siswa yang masuk sekolah berasrama, butuh waktu berbeda-beda untuk beradaptasi. Ada yang butuh waktu cepat untuk beradaptasi, banyak juga yang butuh waktu lama untuk menyesuaikan kebiasaan lama di rumah dengan kultur baru di sekolah berasrama. Mungkin banyak yang waktu di SMP nya belum pernah shalat shubuh berjamaah, tiba-tiba disini harus bangun pagi. Ada yang di rumahnya punya kamar sendiri, tiba-tiba disini harus berbagi kamar dengan temannya, harus antri mandi dan makan, sementara sebelumnya terbiasa dilayani. Maka kita sebagai guru dan orangtua, harus punya ilmu yang cukup untuk mencoba memahami dunia dan kesulitan mereka agar bisa mendampingi mereka saat harus beradaptasi di sekolah berasrama.

Menyaksikan mereka ngobrol antara adik kelas dengan kakak kelas, sungguh mengharukan... Mungkin di sekolah lain, banyak isu bullying antara kakak kelas ke adik kelas, banyak kejadian siswa tidak nyaman dengan teman atau kakak kelasnya. Maka perlu dibuat berbagai kegiatan untuk mengantisipasi supaya hal itu terjadi. Kegiatan kunjungan antar kamar seperti ini mungkin sederhana, hanya ngobrol antara adik kelas dengan kakak kelas, satu kamar yang berisi 4 orang, ngobrol dengan kamar lain yang juga 4 orang, tapi kegiatan ngobrol intens dan dalam jumlah kecil ini, diharapkan bisa sedikit berperan dalam menciptakan harmonisasi antara adik kelas dengan kakak kelasnya.