humas@ic.sch.id
021-7563578

GEBYAR MILAD YANG PENUH MAKNA

img

GEBYAR MILAD YANG PENUH MAKNA

24 September 2023 49      187

Sabtu, 23 September 2023, perayaan puncak acara Milad ke-27 berjalan dengan meriah. Dalam acara puncak ini, Kepala Madrasah memberikan apresiasi Satya Cendekia sebagai bentuk peghargaan atas dedikasi para guru dan tenaga kependidikan yang sudah berkhidmat membersarkan MAN Insan Cendekia Serpong. Penghargaan Satya Cendekia dibagi dalam tiga kategori. Pertama, ketegori perunggu untuk mereka yang telah mengabdi selama lima sampai sepuluh tahun. Kedua, perak untuk yang telah mengabdi sepuluh sampai dua puluh tahun. Terakhir, kategori emas untuk mereka yang telah mengabdi dua puluh sampai tiga puluh tahun.

Guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh penghargaan Satya Cendekia dengan ktegori emas sebanyak 36. Penghargaan ini didominasi oleh para guru dan tenaga kependidikan yang sudah mengabdi dari awal berdirinya madrasah ini. Penghargaan ini langsung diberikan oleh Plt. Direktur KSKK Kemenag Pusat, Bapak Sidik. Dalam sambutannya, Plt Direktur KSKK menyampaikan terima kasih kepada guru dan tenaga kependidikan yang secara konsisten selalu memberikan prestasi yang membanggakan buat masyarakat, khususnya Kementerian Agama. Tidak hanya itu, MAN Insan Cendekia Serpong telah memacu madrasah-madrasah lain untuk memperbaiki sistem dan layanan pendidikannya sehingga bisa bersaing dengan sekolah umum di masyarakat.

Untuk kategori perak, sebanyak 41 guru dan tenaga kependidikan mendapatkan apresiasi tersebut. Kategori ini langsung diberikan oleh Kepala Madrasah dan Kepala Tata Usaha. Sedangkan, kategori perunggu sebanyak 11 guru dan tenaga kependidikan mendapatkan apresiasi ini. Kategori ini diberikan oleh Ketua Komite.

Apresiasi penghargaan pun diberikan kepada pendiri, guru, dan tenaga kependidikan yang telah meninggal. Panitia melakukan ziarah ke makam pendiri, guru, dan tenaga kendidikan MAN Insan Cendekia Serpong. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 22 September 2023. Panitia membagi menjadi dua kelompok dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kelompok pertama, ziarah ke makam Alm. Prof. Dr. Ir. Ing. H. B.J. Habibie dan Alm. Ir. Zulhiswan. Mantan Presiden ke-3 Republik Indonesia ini merupakan founding fathers MAN Insan Cendekia Serpong. Sementara, Alm. Ir. Zulhiswan merupakan guru Matematika yang beberapa kali mendapat tugas tambahan sebagai Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum. Kelompok kedua melakukan ziarah ke makam para tenaga kependidikan yang dimakamkan di sekitar kampus MAN Insan Cendekia Serpong.

Milad ke-27 MAN Insan Cendekia Serpong mengambil tema Gemilang Bersama Insan Cendekia Serpong. Tema ini mengandung makna bahwa Civitas MAN Insan Cendekia akan memberikan hasil yang baik sekali  dalam menjalankan tugas sehingga menjadikan MAN Insan Cendekia menjadi cemerlang, hebat, luar biasa, dan masyhur di masyarakat. Untuk mendukung tema kegiatan ini, panitia mengadakan pelatihan, seminar pendidikan.

Seminar pendidikan mengambil tema Peningkatan Kualitas Pendidikan Bermakna. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 September 2023 pukul 07.30 – 12.30. Seminar pendidikan ini diisi dengan narasumber Ibu Ade Riatin. Menurut Beliau pendidikan bermakna dimulai dari komunikasi yang sukses yang dilakukan seorang guru kepada siswanya. Untuk mensukseskan komunikasi dilakukan dengan melakukan perubahan besar dalam Mindset, kejelasan tujuan, dan metodologi. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa seorang guru harus bisa mengatasi mental blok yang dimilikinya.

Tepat hari lahirnya MAN Insan Cendekia, Kamis, 21 September, perayaan dilakukan dengan mengadakan kegiatan tausyah yang diisi oleh K.H. Muhammad Cholil Nafis, Lc., M.A., PHd. Beliau menyampaikan bahwa seorang guru yang baik akan menghasilkan orang-orang yang baik. salah satu parameter guru yang baik adalah guru yang mencintai profesinya dan tawadhu. Beliau juga menyampaikan bahwa lulusan MAN Insan Cendekia Serpong nantinya harus dapat mengisi semua bidang kehidupan dalam masyarakat. Jadilah seorang pejabat, seorang jenderal, seorang pengusaha yang menjalankan perintah agama dan mencintai negaranya, Negara Kesatuan Republik Indonesia. (RP)