humas@ic.sch.id
021-7563578

Siswa MAN Insan Cendekia Serpong Kembali Hiasi Daftar Peraih Medali OSN Tingkat Nasional 2023

img

Siswa MAN Insan Cendekia Serpong Kembali Hiasi Daftar Peraih Medali OSN Tingkat Nasional 2023

2 September 2023 55      431

Oleh: Kayla Putri Nafisha | XI-7

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah perlombaan yang diperuntukkan untuk siswa-siswi Indonesia berskala nasional, mulai dari jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sampai dengan sekolah menengah atas (SMA). Diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional di bawah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Kompetisi yang sempat berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (2020-2021) ini telah berlangsung sejak tahun 2002. Olimpiade Sains Nasional diselenggarakan secara bergilir di kota-kota yang berbeda setiap tahunnya dan pada tahun ini, babak final Olimpiade Sains Nasional jenjang SMA diselenggarakan di Kota Bogor. Adapun mengenai persebaran tempat perlombaan, yaitu bidang Kebumian di SMAN 1 Bogor, bidang Kimia dan Geografi di SMAN 2 Bogor, bidang Fisika dan Biologi di SMAN 3 Bogor, bidang Ekonomi di SMA Plus YPHB Bogor, bidang Matematika dan Astronomi di SMAN 7 Bogor, dan terakhir bidang Informatika dan Komputer di Laboratorium IPB. Kompetisi berlangsung selama dua hari tepatnya pada 28-29 Agustus 2023 yang kemudian dilanjut dengan acara penutupan serta penganugerahan OSN 2023 pada tanggal 1 September 2023 di halaman Kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Jakarta Selatan.

Nama MAN Insan Cendekia Serpong sudah tidak asing lagi di kancah Olimpiade Sains Nasional. Bertahun-tahun sudah siswa-siswi MAN Insan Cendekia Serpong kerap mengisi nama-nama peraih medali Olimpiade Sains Nasional, mulai dari raihan medali perunggu sampai dengan emas. Di tahun 2023 ini, siswa-siswi MAN Insan Cendekia Serpong kembali menghiasi daftar nama peraih medali Olimpiade Sains Nasional.

Tahun ini, atas izin Allah Swt., MAN Insan Cendekia Serpong berhasil membawa lima medali dari lima bidang lomba. Berikut daftar perolehan medali MAN Insan Cendekia Serpong di kancah OSN tingkat nasional tahun 2023:

  1. Medali perunggu oleh Dzikrallah Musthafa Fawz Hassan, bidang Ekonomi
  2. Medali perak oleh Faiz Rizki Ramadhan, bidang Informatika dan Komputer
  3. Medali perak oleh Muhammad Azzam Nashirullah, bidang Kebumian
  4. Medali perak oleh Muhammad Daffa, bidang Kimia
  5. Medali perak oleh Aulia Nurul Vanialdi, bidang Biologi

Staf Ahli Menteri menyampaikan pesan agar para generasi muda lebih semangat dan kerja keras dalam mewujudkan mimpi-mimpinya. Beliau juga berpesan agar para juara OSN 2023 tetap rendah hati dan selalu berbagi ilmu serta pengalaman.

“Teruslah menjadi inspirasi bagi generasi muda yang tertarik dalam sains. Semangat, kerja keras, dedikasi, dan ketekunan adik-adik meraih mimpi menjadi kenyataan akan menjadi suri tauladan bagi generasi-generasi selanjutnya. Tetaplah rendah hati, santun, dan berkemauan untuk terus berbagi kemampuan dan pengalaman,” papar Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Talenta, Bapak Tatang Muttaqin dalam pidato penutupan OSN 2023.

Selamat dan sukses kepada para medalis OSN 2023 delegasi MAN Insan Cendekia Serpong. Membawa pulang medali memanglah impian, namun pengalaman yang dibawa juga tak kalah penting bagi para pejuang. Harapan ke depannya, semoga prestasi yang telah dicapai dapat membawa keberkahan serta terus berkembang di kemudian hari.