humas@ic.sch.id
021-7563578

MADRASAH FESTIVAL 2023: AJANG KOMPETISI BERGENGSI ANTARMADRASAH SE-INDONESIA

img

MADRASAH FESTIVAL 2023: AJANG KOMPETISI BERGENGSI ANTARMADRASAH SE-INDONESIA

14 August 2023 30      203

Pada hari Kamis -- Ahad, tanggal 10 s.d. 13 Agustus 2023, Kementerian Agama Republik Indonesia beserta UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan Madrasah Festival 2023: Festival Keagamaan Madrasah. Kegiatan ini adalah hajat tahunan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia yang tahun ini bekerja sama dengan FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ada beberapa mata lomba yang diselenggarakan, yaitu Explaining Holy Quran (EHQ), Memorizing Holy Quran (MHQ), Reciting Holy Quran (RHQ), Calligraphy Fest, Islamic Trending Issues Debate Contest, Voice of Arabic, Memorizing Hadits, Reading Islamic Turats (RIT), Student Chef, dan Creative Design Fest.

Untuk siswa MAN Insan Cendekia Serpong, mendapat kesempatan untuk mengikuti lomba Creative Design Fest yang diwakili oleh 3 orang siswa kelas XI yaitu Shafa Aqiela kls XI 5, Hikmah Kamila kls XI 5, dan Alysha izzramirz kls XI 2. Mereka sejak beberapa hari membuat design untuk merchandise Madrasah Festival 2023, lalu memesan ke beberapa vendor untuk dijual di stand atau pameran Madfest pada hari Sabru tanggal 12 Agustus 2023.

Setelah melalui berbagai diskusi dengan ketersediaan dana yang diberikan dari bidang Kesiswaan, akhirnya mereka membuat beberapa merchandise, yaitu tottebag, kaos, stiker dan gantungan kunci. Ajang lomba seperti ini merupakan sarana latihan bagi para siswa untuk mengeksplor berbagai potensi yang ada dalam diri mereka, mulai dari mendesain produk, memilih beberapa vendor yang mencetak produk, mengatur dana yang tersedia hingga menjual produk tersebut kepada para pengunjung dan customer lain. Mereka ditantang untuk bisa mengatur dana serta melahirkan produk merchandise yang baik dan sesuai budget yang disediakan.