humas@ic.sch.id
021-7563578

WORKSHOP KURIKULUM MERDEKA MAN INSAN CENDEKIA SERPONG

img

WORKSHOP KURIKULUM MERDEKA MAN INSAN CENDEKIA SERPONG

23 June 2023 70      520

Kurikulum Merdeka telah dilaksanakan di MAN Insan Cendekia Serpong untuk kelas X pada tahun ajaran 2022/2023. Dalam pengimplementasi Kurikulum Merdeka ternyata banyak sekali keresahan yang dihadapi para guru di kelas. Keresahan utama hampir dirasakan seluruh guru adalah, “Apakah pembelajaran yang sudah mereka lakukan sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan oleh Kemendibutristek?”

Untuk menghilangkan keresahan tersebut, wakil kepala bidang akademik, menyelenggarakan kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Lanjutan yang diikuti oleh seluruh guru MAN Insan Cendekia Serpong. Kegiatan workshop ini mengambil tema “Mendesain Pembelajaran Bermakna untuk Generasi Cendekia”. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 21 s.d. 23 Juni 2023 di daerah Ancol, Jakarta.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof Dr. H. Mohammad Ishom, M.Ag.. Beliau menyampaikan bahwa MAN Insan Cendekia Serpong diharapkan dapat mengembangkan Kurikulum Merdeka dengan semaksimal mungkin sesuai dengan karakter madrasah. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa siswa MAN Insan Cendekia Serpong harus dikembangkan leaership melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil Alamin. Di akhir sambutannya, Bapak Direktur KSKK, Prof. Ishom mengharapkan bahwa MAN Insan Cendekia Serpong harus mengembangkan brending-nya dari dengan lebih memperhatikan potensi siswa tidak hanya pada bidang akademik, tetapi juga pada potensi lainnya yang dimiliki siswa, seperti kemampunan berbahasa, bermusik, atau pada bidang olahraga.

Setelah membuka acara workshop ini, Bapak Direktur membagikan buku karangan beliau yang berjudul Asketisme Intelektual: Refleksi tentang Pendidikan Madrasah dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Buku ini berisi pengalaman Prof. Ishom sebagai seorang akademisi dan birokrat yang sangat paham dan mengerti bagaimana negara memberikan perhatian terhadap pendidikan madrasah dan perguruan tinggi keagamaan Islam dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Secara lengkap kegiatan workshop ini berisi materi Tantangan Pendidikan Masa Depan dan Kebijakan Terkini Kurikulum Merdeka, Perencanaan Pembelajaran yang Efektif, Pembelajaran yang Berpusat pada Peserta Didik, dan Pembelajaran Sosial Emosional. Di akhir workshop, para serta diharuskan membuat  modul ajar mandiri sesuai denga mata pelajaran yang diampunya.