humas@ic.sch.id
021-7563578

Khatib Muda Cendekia

img

Khatib Muda Cendekia

28 March 2024 26      164

Hari Jumat pekan lalu, yang bertugas sebagai khotib adalah peserta didik MAN Insan Cendekia Serpong. Khotib kali ini menyampaikan materinya dengan Bahasa Inggris yang fasih. Sungguh menarik untuk disimak. Peserta didik yang tampil adalah peserta didik terpilih yang lahir dari program pembinaan keagamaan.

Salah satu program pembinaan peserta didik dalam pengembangan kemampuan berkomunikasi yang dikelola oleh Bidang Keasramaan adalah Pembinaan Imam dan Khatib. Pembinaan ini menjadi penting sebagai bekal peserta didik pada saat terjun langsung dalam kehidupan di lingkungan masyarakat. Proses ini bukan proses yang instan, melainkan membutuhkan ketelitian dan ketekunan dalam proses pendampingan dan pembimingan dari para guru bina asrama. 

Salah satu yang tampak dari hasil pembinaan tersebut adalah tampilnya peserta didik di mihrab dan mimbar sebagai Khotib Jumat. Mudah membedakan apakah khotib yang berkhutbah saat itu siswa atau bukan, selain tampilan yang masih muda dan cemerlang, mereka terkadang ada yang menggunakan bahasa asing apakah itu Bahasa Arab ataupun Bahasa Inggris. Mereka yang tampil di mimbar adalah yang terpilih dari sekian peserta didik yang siap. Artinya, untuk dapat tampil di mimbar mereka telah melalui proses seleksi yang cukup ketat. 

Setidaknya dalam pembinaan ini ada tiga hal positif yang coba dikembangkan; pertama, aspek pengetahuan keagamaan. Untuk bisa menyampaikan satu topik tertentu dalam waktu singkat maka membutuhkan kemampuan menyarikan materi pokok. Kedua, aspek kemampuan berkomunikasi di depan umum (public speaking). Diakui bahwa kemampuan ini merupakan keterampilan yang tidak dapat dikuasai oleh banyak orang, selain membutuhkan keberanian tentunya juga perlu terus latihan. Ketiga, aspek keterampilah berbahasa. 

Kesempatan yang langka ini menjadi salah satu puncak pencapaian yang luar biasa. Karena tidak setiap Jumat Khotib berasal dari peserta didik, dan tidak semua peserta didik yang mendapatkan kesempatan yang terbatas ini. Semoga dengan program pembinaan ini, MAN Insan Cendekia Serpong dapat melahirkan Khotib Muda Cendekia yang bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat. (ie)


Khutbah Jum’at ini juga ditayangkan di Channel Youtub Masjid Ulil Albab: https://youtu.be/o-pcIEaDtp4?si=cel_RapAGawvwcT4