humas@ic.sch.id
021-7563578

Cendekia Science Summit: Inovasi Cendekia Untuk Dunia!

img

Cendekia Science Summit: Inovasi Cendekia Untuk Dunia!

29 August 2023 63      274

Cendekia Science Summit (CSS), acara yang digagas oleh Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN Insan Cendekia ini diketuai oleh Kepala MAN Insan Cendekia Serpong, Bapak Abdul Basit. Kegiatan ini perdana dilaksanakan pada tanggal 22 s.d. 25 Agustus 2023 di MAN Insan Cendekia Lampung Timur. Acara CSS ini diikuti oleh siswa perwakilan dari 23 MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia.

“Symphony of Discovery: Bridging the World Through Islamic Science and Environment” merupakan tema yang dibawakan pada acara CSS kali ini. Tema ini secara garis besar menjembatani antara realitas yang ada di dunia ini melalui ilmu pengetahuan Islam dan juga lingkungan sekitar. peserta yang mengikuti kegiatan Cendekia Science Summit diharapkan untuk dapat memiliki sikap dan perilaku scientific minded, scientific curiosity, dan scientific approach, serta mampu meningkatkan potensi dan kesadaran akan pemanfaatan iptek terhadap pengelolaan dan pemecahan masalah di lingkungan sekitar.

Acara CSS 2023 dibuka dengan tarian Sigeh Panguten yang dibawakan oleh para siswi MAN IC Lampung Timur. Tarian ini merupakan tarian khas Lampung yang biasanya dipentaskan dalam setiap pembukaan acara, baik formal maupun nonformal. Selanjutnya, acara pembukaan ini dimeriahkan oleh tampilan debus para siswa MAN IC Lampung Timur.

Terkait dengan lokasi dan tempat penginapan peserta acara, MAN IC Lampung Timur dipilih karena berada dekat dengan Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Sedangkan tempat penginapannya memanfaatkan homestay yang dikelola oleh masyarakat setempat. Hal ini sekaligus mendorong para peserta untuk melakukan penelitian langsung di Pusat Konservasi Satwa Gajah dan Badak yang jumlahnya sudah semakin berkurang, serta meneliti mengenai dampak ekonomi yang dirasakan para pemilik homestay daerah tersebut.

Sebelumnya, para peserta dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan disiplin ilmu yang telah ditentukan. Yakni, Bidang Sains dan Teknologi, Bidang Sosial Humaniora, dan Bidang Ilmu Keagamaan. Para pemateri yang mengisi merupakan pemateri yang ahli di bidangnya masing masing.

Konsep acara ini juga cukup menarik, dikarenakan para peserta mendapatkan materi di dalam tenda-tenda yang didirikan di lingkungan sekitar MAN IC Lampung Timur. Konsep ini sejalan dengan tema yang dibawakan pada acara CSS 2023 ini. Namun, hal yang paling menarik adalah ketika para peserta diantarkan ke homestay masing-masing menggunakan odong-odong yang memang dioperasikan untuk mengantar jemput para wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas (TNWK).

Para peserta CSS mendapatkan kesempatan langsung untuk berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas (TNWK), yang mana di Taman Nasional tersebut terdapat Pusat Pelatihan Gajah (PPG) sehingga para peserta dapat berfoto dengan gajah secara langsung. Selain gajah, terdapat juga badak, namun, para peserta tidak diperbolehkan melihatnya secara langsung.

Setelah tiga hari berturut-turut peserta melakukan penelitian dan mendapatkan materi penelitian, tibalah malam puncak acara. Malam puncak ini merupakan malam penutupan Cendekia Science Summit 2023. Pada malam ini keseruan para peserta sangat terlihat. Keseruan tersebut dikarenakan terdapat tampilan band setempat yang membuat para peserta sangat bahagia. Namun tidak hanya band setempat saja yang tampil, para peserta dan guru pendamping pun ikut tampil untuk memeriahkan acara penutupan ini. Mereka tampil menggunakan seragam khas MAN IC masing-masing yang membuat suasana acara semakin semarak. Tidak lupa juga, para peserta saling berfoto bersama dan bertukar media sosial agar tetap terjalin hubungan antara satu sama lain di manapun para peserta berada.