humas@ic.sch.id
021-7563578

MAN Insan Cendekia Serpong Torehkan Prestasi pada KSM Tingkat Nasional 2023

img

MAN Insan Cendekia Serpong Torehkan Prestasi pada KSM Tingkat Nasional 2023

9 September 2023 78      339

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kompetisi berskala nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kompetisi ini dibuat untuk mengembangkan potensi siswa madrasah di seluruh Indonesia pada bidang sains. Pada tahun ini, terdapat sebelas kategori lomba yang diperuntukkan untuk siswa dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI/SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs/SMP), dan Madrasah Aliyah (MA/SMA). Kompetisi yang dimulai dari tahun 2012 ini diselenggarakan di kota yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun ini Kota Kendari, ibu kota dari Provinsi Sulawesi Tenggara,  terpilih menjadi tempat berlangsungnya final KSM yang dimulai dari tanggal 3—5 September 2023.

Setelah melalui berbagai tahapan dan rangkaian panjang, pada Rabu, 6 September 2023 akhirnya telah terlaksana acara puncak dari kompetisi ini, yaitu pengumuman pemenang dan penganugerahan medali KSM 2023 yang diadakan di Asrama Haji Kota Kendari. Acara tersebut berjalan dengan khidmat dan dihadiri oleh seluruh peserta KSM yang berkompetisi tiga hari sebelumnya.

MAN Insan Cendekia Serpong pada tahun ini kembali mengirimkan siswa-siswi terbaiknya yang sudah berjuang dari tingkat Kabupaten/Kota hingga ke tingkat Provinsi. Namun, beberapa dari delegasi nampaknya harus kembali berjuang pada kompetisi lainnya, sementara dua perwakilan lainnya dapat melanjutkan ke tahap nasional. 

Pada tahun ini, berkat rahmat Allah Swt., seluruh siswa delegasi MAN Insan Cendekia Serpong berhasil membawa pulang medali dari dua bidang lomba. Berikut daftar perolehan medali MAN Insan Cendekia Serpong pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023 :

  1. Tamani Ahsan Elfatta, peraih medali emas pada bidang Matematika Terintegrasi
  2. Najma Maisya Muchsin, peraih medali perak pada bidang Kimia Terintegrasi

Ini bukanlah hal yang baru, karena sudah menjadi tradisi bagi siswa-siswi MAN Insan Cendekia Serpong untuk terus menghiasi daftar peraih medali pada kompetisi bertaraf nasional maupun internasional. Sudah tertanam dalam hati siswa-siswi MAN Insan Cendekia Serpong bahwa belajar adalah ibadah dan prestasi untuk dakwah.

Selamat dan sukses kepada delegasi MAN Insan Cendekia Serpong yang berhasil memperoleh medali. Jaga dan lanjutkan semangat dakwah yang ada, tetaplah berproses karena sesungguhnya proses itulah yang akan membentuk diri di kemudian hari. Semoga nantinya ilmu dan pelajaran yang didapatkan dapat memberikan keberkahan dan kebermanfaatan, baik bagi individu maupun lingkungan di sekitarnya.